Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

MPR Sebut Masyarakat Semakin Paham Ideologi dan Pancasila

Jumat 27 Sep 2019 15:35 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: mpr
Sebanyak 87 juta orang Indonesia mendapatkan sosialisasi Empat Pilar MPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan institusinya bekerja sama dengan sejumlah kampus untuk melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR. Dia mengatakan dari survei yang dilakukan MPR bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi menunjukkan tingkat keterpaparan masyarakat oleh kegiatan sosialisasi Empat Pilar mencapai 32,8 persen penduduk Indonesia atau telah mencapai 87 juta orang.

“Sampai dengan bulan September 2019, kinerja MPR dalam melaksanakan mandat UU sungguh sangat menggembirakan,” ujarnya.

Survei juga menunjukkan pemahaman dan penerimaan masyarakat terhadap Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara mencapai angka 99,8 persen. Pemahaman terhadap UUD NRI Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi mencapai 97,8 persen.

Mengenai NKRI, 99,1 persen  masyarakat mengaku bangga menjadi warga negara Indonesia, dan menyatakan siap dan bersedia membela negara dari berbagai ancaman. Dan yang menggembirakan lagi, mengenai Bhinneka Tunggal Ika, sebanyak 99,8 persen masyarakat Indonesia berpendapat bahwa setiap warga negara Indonesia wajib menghormati sesama warga bangsa walaupun berbeda suku, agama, dan keyakinan.

“Untuk itu, keberhasilan pelaksanaan sosialisasi Empat Pilar MPR perlu dijaga keberlanjutannya agar keterpaparan masyarakat semakin luas, serta masyarakat terus meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Zulkfili.

Dia menambahkan MPR masa jabatan 2019 – 2024 berwenang untuk bekerjasama dengan lembaga negara dan lembaga lainnya. “Khusus dalam melaksanakan tugas memasyarakatkan Pancasila, MPR berwenang untuk bekerjasama dengan lembaga yang dibentuk oleh presiden yang bertugas melaksanakan fungsi pembinaan ideologi Pancasila,” ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler