Selasa, 1 Rajab 1441 / 25 Februari 2020

Selasa, 1 Rajab 1441 / 25 Februari 2020

IZI Bangun Klinik Cuci Darah Gratis untuk Dhuafa di Depok

Rabu 25 Sep 2019 15:31 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Dwi Murdaningsih

Penyakit batu ginjal/ilustrasi

Penyakit batu ginjal/ilustrasi

Foto: Wikipedia
Klinik akan memberikan pelayanan cuci darah gratis untuk dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lembaga amil zakat nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) membangun Klinik HD (Hemodealisa) yang diperuntukkan bagi kaum dhuafa di Depok, Jawa Barat. Klinik yang berlokasi di Jl. H. Bona, No. 20, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok itu tengah dalam tahap pembangunan.

Baca Juga

Klinik HD yang pembangunanya saat ini sudah mencapai 40 persen akan memberikan pelayanan cuci darah gratis untuk dhuafa yang menderita gagal ginjal. Manajer Klinik HD, Luqman Jasin, mengatakan Klinik Hemodialisa yang sedang dibangun tersebut murni dari hasil dana zakat yang terhimpun yang kemudian dikelola untuk membantu kepentingan kaum dhuafa.

"Kapasitas bed HD IZI berjumlah 16 buah, dan bisa ditambah sampai 4 bed lagi dengan menggunakan tempat duduk sofa. Ini untuk lantai 1. Jika lantai 1 penuh dan ada tambahan dana lagi dari donatur, insyaAllah akan dibuka untuk lantai 2 dengan kapasitas yang sama dengan lantai 1," kata Luqman, dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Selasa (24/9).

Luqman mengatakan, lokasi di daerah Depok tersebut dipilih setelah melalui Feasibility Study dan hasil akhirnya Klinik HD ini layak untuk dilanjutkan. Wilayah Depok berbatasan dengan 4 kab/kota, yaitu Tangerang, Bogor, Bekasi, dan Jakarta. Selain dekat dengan RSUP Fatmawati sebagai rumah sakit umum nasional sebagai rujukan, akses menuju Klinik HD juga mudah dijangkau, karena dekat pintu tol baru Antasari–Depok.

Sementara itu, Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana menyampaikan bahwa pembangunan Klinik HD tersebut direncanakan rampung di akhir tahun 2019.

"InsyaAllah semua proses pembangunan dan sarana prasarana telah rampung di akhir tahun ini," kata Wildhan.

Dalam hal ini, ia juga meminta dukungan dari semua pihak untuk kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung.

"Walaupun nilai investasinya cukup besar, insyaAllah dengan dukungan semua pihak, semoga semua proses dapat berjalan lancar, serta keberadaannya nanti betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kurang mampu," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA