Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

DMI Ajak Umat Islam Shalat Istisqa

Selasa 24 Sep 2019 04:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Dua ekor burung bertengger di atas tiang lampu penerangan jalan dengan latar belakang matahari yang terlihat samar akibat pekatnya kabut asap karhutla di Pekanbaru, Riau, Minggu (22/9/2019).

Dua ekor burung bertengger di atas tiang lampu penerangan jalan dengan latar belakang matahari yang terlihat samar akibat pekatnya kabut asap karhutla di Pekanbaru, Riau, Minggu (22/9/2019).

Foto: Antara/Rony Muharrman
Para pengurus masjid juga diajak untuk menjadikan masjid pusat evakuasi kabut asap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengajak seluruh umat Islam terutama pengurus rumah ibadah untuk melaksanakan shalat Istisqa. 

"Kita sudah lakukan komunikasi terutama provinsi yang terdampak Karhutla agar melakukan shalat Istisqa dan berdoa secara khusyuk dan minta pertolongan pada Allah agar turun hujan," kata Direktur Program DMI, Munawar Fuad Noeh di Gedung Graha BNPB Jakarta, Senin (23/9).

Menurutnya upaya religius tersebut merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan umat muslim agar bencana Karhutla segera teratasi. Kemudian, para pengurus juga diminta menjadikan masjid sebagai pusat singgah penampungan dan evakuasi kabut asap.

Menurutnya, Karhurla tidak bisa dikatakan sebagai musibah atau ujian saja melainkan sebuah peringatan kepada manusia karena eksploitasi terhadap alam yang berlebihan mengakibatkan bencana besar.

"Oleh karena itu solusi terbaik dan tercepat adalah kita memohon adanya rahmat dan pertolongan dari Allah SWT," katanya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan telah berkoordinasi dengan DMI agar mengajak umat secara bersama berdoa dan melaksanakan shalat Istisqa.

"Kami berharap DMI bisa bekerja sama agar informasi yang berhubungan dengan pencegahan maupun penanggulangan bisa disinergikan dengan komponen masyarakat," kata dia.

Hal itu, kata dia, sejalan dengan pesan Presiden agar mengutamakan pencegahan dibandingkan penanggulangan. Kemudian, masyarakat terus diajak melakukan pencegahan perluasan titik api.

Dalam hal ini, peran DMI dibutuhkan agar di berbagai kesempatan dan kerja keras petugas dalam memadamkan api diiringi doa. Doni menyakini sebagai umat beragama kuasa tuhan bisa mengubah keadaan menjadi lebih baik

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA