Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

JK Hadiri Sidang Umum PBB di New York

Senin 23 Sep 2019 20:38 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Wakil Presiden Jusuf Kalla di sela menghadiri pertemuan tingkat tinggi yang merupakan rangkaian Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-74 di New York, Amerika Serikat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla di sela menghadiri pertemuan tingkat tinggi yang merupakan rangkaian Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-74 di New York, Amerika Serikat.

Foto: dok. Setwapres
JK mengikuti sejumlah agenda penting di sidang umum PBB.

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK-- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri pertemuan tingkat tinggi yang merupakan rangkaian Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-74 di New York, Amerika Serikat.  Di hari pertama, Senin (23/9), ada empat agenda pertemuan tingkat tinggi yang harus diikuti JK diantaranya agenda 2nd Meeting of High level Panel for Sustainable Ocean Economy di Conference Room 7 Markas Besar PBB pada pukul 08.00 hingga 10.00 Waktu Setempat (WS).

Dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Senin (23/9) malam, Wapres JK akan menyampaikan pidato pada urutan ke-8 setelah Namibia dan sebelum Australia. JK rencananya akan didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, Wakil Tetap RI Dian Triansyah Djani.

Setelah itu, JK di dampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani,  Menteri ESDM Ignatius Jonan, Watap RI Dian Triansyah Djani, Rahmat Witoelar, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK akan menyampaikan national statement pada Pertemuan Climate Action Summit di General Assembly Hall.

Kemudian pada pukul 12.00 hingga 13.00 WS JK juga akan hadir pada Pertemuan High Level Meeting on Universal Health Coverage  yang bertajuk " Universal Health Coverage: Moving Together to Build a Healthier Word" di Trusteeship Chamber & Ecosoc Chamber, Markas Besar PBB.

"Di forum ini, Wapres didampingi oleh  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK)  Puan Maharani dan Menteri Kesehatan  Nila Moeloek juga akan menyampaikan statemen  di urutan ke-27," ujar Juru Bicara Wapres, Husain Abdullah.

Pada Senin (23/9) sore, JK diagendakan untuk menyampaikan Statement pada pertemuan Leaders Dialogue on Strategic Responses to Terrorist and Violen Extremist Narratives di Conference room 1 Markas Besar PBB. JK berada di urutan ke-20 setelah negara Amazon dan sebelum Luxemboug.

"Jadi hari ini Wapres akan berbicara empat kali dalam forum dan tema yang berbeda di hadapan pemimpin dunia," ujar Husain Abdullah Jubir Wapres RI.

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam media briefing mengungkap, karena banyaknya pertemuan yang overlapping, sebagian besar dari pertemuan tersebut, Bapak Wapres akan selalu didampingi oleh Watapri Dian Triansyah Djani.

"Jadi kita sudah atur waktu  semuanya," ungkapnya.

Dalam lawatannya ke negeri Paman Sam ini, JK diketahui mewakili Presiden Joko Widodo, untuk memimpin delegasi Indonesia berbicara di forum sidang umum PBB ke 74 yang bertajuk “Galvanizing Multilateral Efforts for Poverty Eradication, Quality Education, Climate Action and Inclusion”.

Sidang Umum Majelis PBB ke-74 kali ini rencananya akan dihadiri sekitar 193 negara anggota PBB, 100 kepala negara, tiga wakil presiden, 47 perdana menteri dan 36 menteri serta 2 Chairman of Delegation.

Di sela rangkaian Sidang umum PBB, Wapres akan di agendakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara dan akan menghadiri jamuan santap malam undangan Presiden  Donald Trump di Latte New York Palace Hotel.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA