Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Garda Mall dan Inovasi untuk Memudahkan Pelanggan

Senin 23 Sep 2019 01:13 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Petinggi Astra menunjukkan aplikasi Garda Mall saat peluncuran di Jakarta, Kamis (19/9). Asuransi Astra mempersembahkan fitur terbaru dalam layanan aplikasi Garda Mobile Otocare versi 5.0, yakni Garda Mall.

Petinggi Astra menunjukkan aplikasi Garda Mall saat peluncuran di Jakarta, Kamis (19/9). Asuransi Astra mempersembahkan fitur terbaru dalam layanan aplikasi Garda Mobile Otocare versi 5.0, yakni Garda Mall.

Foto: Asuransi Astra
Aplikasi Garda Mobile Otocare memenuhi keinginan pemilik kendaraan sampai menjualnya

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Erik Purnama Putra

Era digital terus membuat Asuransi Astra berbenah dengan berusaha meluncurkan berbagai fitur baru yang memudahkan pelanggan. Kalau dulunya Asuransi Astra hanya terkait dengan polis dan klaim, saat ini berbagai fasilitas coba disediakan untuk semakin memanjakan konsumen dalam melengkapi gaya hidup sehari-hari.

Dengan begitu, konsumen yang tiba-tiba ingin ganti mobil, atau mengalami kerusakan aki, hingga masalah sepele seperti ingin membeli sampo untuk mencuci kendaraan, kini semuanya bisa dilakukan dalam satu genggaman. Hanya dengan sekali buka aplikasi Garda Mobile Otocare, konsumen bisa mendapatkan semua hal yang ingin dibelinya.

"Inilah bedanya Asuransi Astra dengan asuransi yang lain. Kami membangun eksosistem life style dengan pemilik mobil dan nonmobil. Layanan ini ujung-ujungnya yang menikmati adalah pelanggan," kata Direktur Astra International Suparno Djasmin menjelaskan filosofi di balik aplikasi Otocare 5.0-Garda Mall di Jakarta, Kamis (19/9). 

Bagi pengguna otomatif, khususnya pelanggan Asuransi Astra, yang ingin menjajal aplikasi tersebut, bisa mengunduhnya di Playstore untuk ponsel berbasis Android maupun Appstore bagi yang punya iOS. Tersedianya fitur Garda Mall sebagai fasilitas teranyar aplikasi tersebut membuat berbagai layanan bisa dinikmati lewat gawai.

Suparno menuturkan, Asuransi Astra terus memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang semakin mudah dan terjangkau untuk melahirkan berbagai inovasi baru. Karena itu, setiap layanan yang diluncurkan untuk pelanggan harus berisikan informasi akurat. Sehingga teknologi yang diadopsi dan diluncurkan bisa membuat pelanggan seolah mendapatkan berbagai layanan, yang semuanya tertanam dalam satu aplikasi.

photo
Seorang model menunjukkan aplikasi Garda Mall saat peluncuran di Jakarta, Kamis (19/9).

Saat ini, adanya fitur Garda Mall dalam aplikasi Garda Mobile Otocare seolah bisa mengkover seluruh siklus pemilik mobil. Mulai orang membeli mobil, membeli asuransi, perawatan, aksesoris, sampai tahap menjual mobilnya untuk membeli kendaraan baru, dapat dilayani menjadi satu. 

Menurut Suparno, digitalisasi yang dilakukan perusahaan juga bisa menghubungkan berbagai produk dan layanan berbagai anak perusahaan Astra untuk saling melengkapi. Berbagai tambahan layanan itu juga sekaligus untuk mengedukasi konsumen agar semakin paham dengan berbagai produk lain di luar Asuransi Astra.

"Sehingga teknologi bisa membantu internal perusahaan menjadi lebih inovatif dan memberi layanan lebih baik kepada pelanggan, bukan cuma produk asuransi saja, tapi produk keuangan lain di Astra," kata Suparno.

Republika sempat menjajal aplikasi Garda Mall di ponsel Android, yang secara garis besar tersedia empat layanan baru, yaitu Garda Oto Digital, Oto Mall, Jual Beli Mobil Bekas, dan Produk Keuangan. Kehadiran aplikasi ini memberi suguhan kepada pelanggan terkait layanan berbelanja secara daring. 

Pelanggan diajak menelusuri berbagai toko seperti di mal tanpa perlu keluar rumah, karena semua sudah terhubung hanya lewat aplikasi yang tertanam digawainya. Semua produk Asuransi Astra, mulai jual beli mobil bekas berbagai jenis, pembiayan multiguna, pinjaman tunai, hingga asuransi jiwa, bisa dibeli konsumen sesuai kebutuhan mereka. Yang menarik, ketika baru membuka aplikasi, konsumen ditawarkan oli, sampo, hingga jok mobil dengan diskon 63 persen.

"Kita beberapa tahun terakhir banyak melakukan kegiatan digitalisasi. Kita berada di masa teknologi murah dan mudah diakses. Asuransi Astra ingin memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya," ucap Suparno.

Suparno mengungkapkan, fitur digital terbaru yang diluncurkan memang untuk menyasar pelanggan baru. Suparno menyebut, selama ini, misalnya, pembeli aki mobil di Shop and Drive tidak selalu merupakan pelanggan Asuransi Astra. Padahal, pelanggan aktif Asuransi Astra berkisar 3,5 juta sampai 4 juta orang. 

Dengan adanya aplikasi tersebut, lanjut dia, pembeli aki yang menjelajahi beragam fitur nantinya ada yang tertarik memanfaatkan layanan Asuransi Astra. Dengan begitu, secara tidak langsung masyarakat diberi edukasi dan pengenalan tentang berbagai manfaat membeli produk Asuransi Astra.

"Dengan adanya fitur seperti ini otomatis Shop and Drive memiliki jangkauan lebih luas yang ada di Asuransi Astra. Ini juga sekaligus pelanggan Asuransi Astra mendapat penawaran spesial ketika membeli produk di Shop and Drive. Jadi semua saling komplemen," ujar Suparno.

CEO Asuransi Astra, Rudy Chen menjelaskan, menandai usia perusahaan ke-63, dipersembahkan fitur terbaru dalam layanan aplikasi Garda Mobile Otocare 5.0, yaitu Garda Mall. Dia menerangkan, kehadiran aplikasi yang diluncurkan pada 2015 ini, sekarang mampu memenuhi keinginan konsumen pemilik kendaraan sampai menjualnya kembali. 

Rudy mengatakan, sejak awal dikembangkan, aplikasi tersebut ditujukan untuk dapat menjadi partner berkendara terpercaya. Adanya kebutuhan seiring berubahnya zaman, kata dia, menuntut Garda Mobile Otocare untuk senantiasa berevolusi, menyesuaikan diri, dan tetap menjadi andalan agar tetap bisa melayani konsumen.

"Kuncinya adalah customer centricity, apa yang menjadi permasalahan pelanggan, apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, itulah yang harus dijadikan fokus sebuah inovasi,” ujar Rudy menyebut alasan kelahiran Garda Mall.

Dia menegaskan, aplikasi terbaru tersebut tidak hanya sekadar mengikuti tren, melainkan juga agar pengembangan aplikasi dapat selalu terarah. Menurut Rudy, Asuransi Astra melakukan riset dan merumuskan 10 tahap dalam siklus pengendara mobil. Tahapannya mulai membeli mobil, membeli asuransi mobil, memonitor bensin dan dokumen terkait seperti SIM dan STNK, permintaan layanan darurat, melaporkan dan memonitor klaim, membeli peralatan, asesoris, dan //sparepart//, hingga pada akhirnya menjual kembali mobil tersebut. 

Berdasarkan siklus ini, menurut Rudy, empat versi Garda Mobile Otocare sebelumnya baru dapat memenuhi lima siklus pengendara mobil. "Dan untuk melengkapi lima tahapan selanjutnya, Asuransi Astra meluncurkan Garda Mobile Otocare 5.0. Mulai dari berbagai produk otomotif, produk keuangan Astra Financial, hingga jual beli mobil bekas semua bisa dibeli melalui fitur Garda Mall dalam Garda Mobile Otocare 5.0," kata Rudy.

Keunggulan aplikasi itu, kata dia, konsumen tidak perlu lagi keluar rumah dan malah mirip seperti belanja di pusat perbelanjaan. Pasalnya, di dalam fitur Garda Mall terdapat banyak toko produk otomotif, produk keuangan Astra Financial, dan lapak untuk jual beli mobil bekas. Kondisi itu membuat pemilik kendaraan tidak perlu repot lagi ketika membutuhkan sesuatu, karena semuanya dapat dipenuhi dalam satu aplikasi Garda Mobile Otocare 5.0.

Karena itu, pihaknya yang ingin membuat perbedaan layanan dengan perusahaan asuransi lain menekankan aplikasi terbaru bertujuan untuk sekaligus mengajak pelanggan untuk ikut memanfaatkan proses digitalisasi. Sehingga, mereka tak perlu lagi harus datang ke toko sambil bermacet ria di jalan, karena semuanya dapat dilakukan dari mana saja asal sudah mengunduh aplikasi.

“Banyak hal yang dapat diperbuat suatu merek untuk menciptakan diferensiasi. Tapi kembali lagi, apa gunanya diferensiasi kalau tidak bisa menjadi solusi?" ucap Rudy menjelaskan keunggulan Garda Mobile Otocare 5.0 dibandingkan aplikasi asuransi lainnya.

Salah satu pengguna aplikasi Garda Mobile Otocare asal Kota Medan, Sumatra Utara, Bagas Simanungkalit pun mengapresiasi layanan petugas yang sigap menerima keluhan. Dia juga dimudahkan dengan laporan yang bisa dilakukan lewat aplikasi. "Semuanya sistem online. Pelayanan juga luar biasa, terima kasih Garda Oto Medan," ucap Bagas.

Pelanggan dari Jakarta, Rosa Lia juga mengaku, sudah merasakan sendiri pelayanan cepat saat mengurus klaim di Garda Center Kota Kasablanka. Dia mengatakan, ketika semua proses administrasi lengkap, mobilnya dapat langsung diservis di bengkel rekanan. "Terbaik terdepan Garda Oto, pelayanan yang di mal Kokas luar biasa, dan tempat klaim Auto 200 di Pramuka (Jakarta Timur), servisnya terbaik," kata Rosa yang merasa dimudahkan karena bisa memantau proses klaim sampai selesai lewat aplikasi Garda Mobile Otocare.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA