Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Huawei Jajaki Pembelian Raksasa Telkom Brasil

Ahad 22 Sep 2019 07:40 WIB

Rep: Antara/ Red: Indira Rezkisari

Seorang pria menggunakan ponselnya di depan toko Huawei di Beijing, Cina, Senin (20/5).

Seorang pria menggunakan ponselnya di depan toko Huawei di Beijing, Cina, Senin (20/5).

Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Raksasa telkom Brasil Oi sedang mengalami masalah keuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan peralatan telekomunikasi China, Huawei Technologies Co, dikabarkan bekerja sama dengan China Mobile untuk membeli operator telekomunikasi terbesar di Brasil, Oi SA. Pembelian ditargetkan meningkatkan penetrasinya di negara yang menjadi pasar terbesar Amerika Latin itu, lapor portal O Globlo seperti dikutip Reuters, Ahad (21/9).

Dua korporasi raksasa asal China itu melirik pertumbuhan bisnis signifikan seiring dengan Oi yang mulai mengandalkan teknologi nirkabel generasi kelima (5G) dan kepemilikan infrastruktur fiber sepanjang 360 ribu kilometer dinilai menjadi aset yang menarik. Oi saat ini sedang berjuang melunasi utang miliaran real Brasil agar terhindar dari ancaman kebangkrutan.

Oi menolak mengomentari laporan itu, sementara Huawei dan China Mobile tidak segera menanggapi pertanyaan Reuters.

Operator telepon tetap terbesar di Brasil itu telah berjuang memutarbalikkan bisnisnya. Oi memang telah mengajukan proposal perlindungan dari kebangkrutan pada Juni 2016 untuk merestrukturisasi utang 65 miliar real Brasil.

Pada Kamis (19/9), Reuters melaporkan ketika sedang dalam proses negoisasi bisnis jaringan telekomunikasinya dengan Telefonica SA asal Spanyol dan Telecom Italia SpA, Oi juga terlibat dalam pembicaraan awal dengan perusahaan lain. Yaitu perusahaan asal Amerika Serikat, AT&T Inc, dan perusahaan China.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA