Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Dubes Donovan Dorong Mahasiswa Indonesia Pede Belajar di AS

Ahad 22 Sep 2019 05:00 WIB

Red: Ani Nursalikah

Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr memberikan sambutan saat peresmian gedung baru Kedubes AS di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr memberikan sambutan saat peresmian gedung baru Kedubes AS di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Ia mendorong para pelajar Indonesia yakin dengan kemampuan bersaingnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr mengajak mahasiswa Indonesia menuntut pendidikan tinggi di AS. Ia mendorong para pelajar Indonesia agar yakin dengan kemampuan bersaing yang dimiliki untuk belajar di sana.

"Banyak pelajar (Indonesia) yang datang ke saya dan mengatakan 'sepertinya saya kurang bisa bersaing'," kata Dubes Donovan saat dijumpai di sela-sela acara pameran pendidikan pascasarjana AS di Hotel Sheraton Gandaria City Jakarta, Sabtu (21/9).

Dia meyakini mahasiswa Indonesia memiliki kemampuan bersaing yang tinggi, namun perlu ada rasa percaya diri untuk mendukung potensi yang sudah ada. "Saya katakan, jangan merasa rendah diri, Anda bisa lebih kompetitif dari yang Anda kira," ujarnya.

Dubes yang telah bertugas selama tiga tahun itu mengatakan dirinya melihat antusiasme tinggi dari para pelajar Indonesia untuk menimba ilmu ke Negeri Paman Sam. Namun, ia ingin melihat lebih banyak lagi mahasiswa yang belajar di Amerika Serikat.

Dia pun menyebut edukasi, khususnya pendidikan internasional, sebagai salah satu cara paling bermakna dan produktif untuk memperkukuh hubungan jangka panjang antara kedua negara. “Pendidikan internasional dapat mentransformasi kehidupan. Tak ada cara yang lebih baik memahami satu sama lain, budaya, dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja di abad ke-21 ini adalah dengan berbagi pengalaman dan belajar bersama-sama di ruang kelas,” katanya.

Sejumlah perwakilan universitas asal AS turut berpartisipasi dalam acara pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh Education USA dan Kedutaan Besar AS. Mereka memberikan informasi lengkap mengenai program-program yang disediakan bagi para pelajar yang ingin menempuh studi pascasarjana.

Di antara universitas-universitas tersebut adalah New York University, Penn State University, Northeastern University, University of Missouri, University of Rhode Island, Alabama University, Michigan State University dan Hult International Business School. Selain itu, hadir pula perwakilan dari lembaga-lembaga penyedia beasiswa seperti LPDP dan Fulbright Scholarships.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA