Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

BRI Syariah Incar Potensi Bisnis Umrah di iB Vaganza Medan

Sabtu 21 Sep 2019 14:20 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi Wisata Umrah

Ilustrasi Wisata Umrah

Foto: Foto : MgRol100
BRI Syariah menjalin kerja sama dengan beberapa penyelenggara umroh.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah menjadi pasar yang menarik bagi pelaku industri syariah. Tak terkecuali PT Bank BRI Syariah (Tbk) atau BRI Syariah.

BRI Syariah menandatangani perjanjian kerjasama dengan beberapa travel umrah di Medan, Sumatra Utara. Perjanjian tersebut berkaitan dengan pembayaran biaya perjalanan umrah. Kerjasama ini ditandatangani pada event iB Vaganza Jumat, (20/9) di Plaza Medan Fair, yang mengusung tema Serunya Bertransaksi Syariah.

“Kami melihat minat masyarakat untuk beribadah umrah luar biasa besar. Untuk itu kami memperluas potensi pasar umrah dengan menggaet kerjasama beberapa travel umrah di Medan yang tentunya sudah terhubung dengan SISKOPATUH," ujar Sekretaris Perusahaan BRIsyariah, Mulyatno Rachmanto.

Perusahaan yang bekerja sama antara lain PT Darul Umroh Alharamain, PT Darul Iman, PT Safa Nisa Rizky dan PT Malindo Mekkah Madinah. Melalui kerjasama ini, BRI Syariah berharap industri umrah akan semakin berkembang, namun tetap prudent, agar tidak ada nasabah yang dirugikan.

“Kami sebagai bank syariah yang ditunjuk menjadi Bank Penerima Setoran Biaya Pelaksanaan Ibadah Umrah (BPS-BPIU) telah menyiapkan produk serta layanan beragam untuk biro perjalanan umrah, antara lain Giro Faedah BRI Syariah iB, cash management system, dan bank garansi," ucap dia.

Dari kerjasama tersebut BRI Syariah berpotensi memperluas bisnis pembiayaan modal kerja dan meningkatkan fee based income.  Melihat tren perjalanan umrah terus meningkat setiap tahunnya, BRIsyariah sebagai bank yang mendukung pertumbuhan industri halal Indonesia juga menyiapkan produk serta layanan yang mumpuni. Lewat produk talangan umrah, masyarakat bisa berumrah dengan biaya yang dibayarkan secara mengangsur. Talangan Umrah juga ditawarkan di iB Vaganza Medan 2019.

Selain memasarkan produk yang berhubungan degan perjalanan umrah, di iB Vaganza Medan 2019 ini BRI Syariah ingin mensyiarkan perbankan syariah. Hal ini agar masyarakat tidak lagi menganggap bank syariah sulit dipahami sistemnya.

"Kami berusaha menyederhanakan penjelasan mengenai akad-akad yang berlaku di bank syariah. Misalnya akad murabahah untuk pembiayaan Griya Faedah. Murabahah diterapkan melalui mekanisme jual beli barang dengan penambahan margin sebagai keuntungan yang akan diperoleh bank. Petugas BRI Ayariah yang hadir di iB Vaganza akan melayani semua pertanyaan masyarakat mengenai perbankan syariah,” ucap Mulyatno.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA