Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Konglomerat Itu-Itu Saja, Hipmi: Pengusaha Muda Juga Mau

Rabu 18 Sep 2019 06:54 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Konglomerat RI Itu-Itu Saja, HIPMI: Pengusaha Muda Juga Mau, Pak!. (FOTO: Agus Aryanto)

Konglomerat RI Itu-Itu Saja, HIPMI: Pengusaha Muda Juga Mau, Pak!. (FOTO: Agus Aryanto)

Hipmi menyatakan konglomerat Indonesia yang hanya diisi oleh itu-itu saja.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan pengusaha muda indonesia (wartaekonomi.co.id /tag4141/himpunan-pengusaha-muda-indonesia- hipmi .html">Hipmi) mengutarakan keluhan mereka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari beberapa keluhan, salah satunya perihal konglomerat Indonesia yang hanya diisi oleh itu-itu saja.

Sebagai Ketua Umum Hipmi Bahlil Lahadalia menyampaikan keluhan tersebut dalam acara Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional XVI Hipmi di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Bagi mereka dari pandangan pengusaha, perekonomian Indonesia saat ini masih dikuasai oleh pihak-pihak tertentu saja, oleh sekelompok yang sama. Padahal, pengusaha muda yang bertebaran di tanah air ini juga ingin naik kelas.

Baca Juga: Hipmi Ingin Telurkan Konglomerat Baru

"Konglomeratnya masih itu-itu saja. Teman-teman yang muda ini juga ingin naik kelas," katanya.

Mereka mengaku sulit menjadi konglomerat sekelas petinggi-petinggi yang masuk daftar orang terkaya saat ini jika tidak didukung pemerintah. Bahlil mengatakan, "Tidak ada konglomerat yang hebat tanpa intervensi pemerintah.”

Dari sisi pemerintah, mendengar keluhan seperti itu Jokowi lantas berucap, peluang bagi pengusaha muda untuk menjadi konglomerat terbuka lebar. Pihaknya akan ikut membantu membuka pintu tersebut.

Baca Juga: Anies Minta Hipmi Solid, Jangan Ada Versi Tandingan, Nyindir Siapa Bang?

"Pemerintah terus memperkokoh kelembagaan kabinet untuk memperkuat riset dan teknologi yang mampu menyediakan teknologi agar pengusaha mudah bisa menjadi mitra strategis bagi investor global sehingga bisa tumbuh," kata Jokowi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA