Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Indahnya Danau Vulkanik Kerinci

Sabtu 21 Sep 2019 00:30 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: pesona.travel

Foto: pesona.travel

Kawasan Bukit Barisan menyuguhkan pesona alam yang menyegarkan pandangan mata.

Ceknricek.com -- Jika ke Kota Sungai Penuh dari arah Bangko, Provinsi Jambi, jangan lupa untuk singgah di danau vulkanik di bawah kaki Gunung Rayo. Danau tersebut merupakan yang terbesar di Provinsi Jambi, yakni Danau Kerinci. Anda akan dibuat betah berlama-lama untuk bercengkerama dengan teduhnya air danau.

Jauhnya jarak dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh, dapat memakan waktu perjalanan antara 10 sampai dengan 12 jam menggunakan kendaraan roda empat. Dengan jarak tempuh sekitar 500 km, perjalanan Kota Jambi menuju Kota Sungai penuh harus melintasi lima kabupaten, antara lain Kabupaten Muaro Jambi, Batanghari, Sarolangun, Merangin, Kerinci, barulah tiba di Kota Sungai Penuh.

Perjalanan yang melelahkan pastinya. Namun, saat tiba di Kabupaten Kerinci, rasa lelah itu mulai hilang seketika. Kawasan Bukit Barisan yang membentang dari utara ke Selatan Sumatera, menyuguhkan pesona alam yang menyegarkan pandangan mata. Terlebih, sesampainya di Jalan Lintas Bangko - Kerinci, Sobat Pesona akan disambut eksotisnya Danau Kerinci.

Foto: pesona.travel

Keberadaan Danau Kerinci diyakini sedari zaman Purba. Sebab, banyak batu berukir yang merupakan prasasti dan dolmen purba di seputaran Danau Kerinci. Secara geografis, Danau Kerinci terletak di kaki Gunung Rayo dengan ketinggian 780 mdpl. Danau Kerinci memiliki luas sekitar 80 km persegi dengan kedalaman mencapai 110 meter.

Foto: pesona.travel

Bagi masyarakat sekitar Kabupaten Kerinci, Kabupaten Merangin, dan Kota Sungai Penuh, Danau Kerinci merupakan kawasan wisata yang menjadi primadona. Selain untuk berlibur bersama keluarga, menghabiskan waktu untuk menjala ikan, memancing di tepi danau, bermain perahu di tengah danau, sekadar makan dan jalan-jalan sore, di Danau Kerinci banyak orang yang sengaja datang setiap sore untuk menikmati senja yang hangat hingga terbenamnya Sang Surya.

Saat memasuki akhir pekan, Danau Kerinci menjadi favorit masyarakat dan anak-anak muda, biasanya mereka sekadar berkumpul sambil menikmati jajanan seraya menantikan datangnya sunset. Pemerintah Kabupaten Kerinci menjadikan Danau Kerinci sebagai pusat berlangsungnya Festival Danau Kerinci yang berlangsung setiap tahun.

Foto: pesona.travel

Bagi Anda yang mau berkunjung ke Danau Kerinci, dapat menyesuaikan jadwalnya dengan pelaksanaan Festival Danau Kerinci 2019, yang rencananya berlangsung pada 3-7 November 2019. Festival Danau Kerinci akan menampilkan beragam acara seni, budaya, dan wisata kuliner khas Kerinci.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA