Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Wisata Sayur Sehat Ala UMM

Jumat 20 Sep 2019 09:59 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda

Salah satu kegiatan wisata sayur sehat milik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Salah satu kegiatan wisata sayur sehat milik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Foto: dok. Humas UMM
Wisata Sayur Sehat ini menjadi laboratorium terapan mahasiswa UMM untuk berpraktik.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ada begitu banyak pilihan tempat bagi siapapun yang hendak berwisata di Kota Malang. Beberapa di antaranya mengunjungi wisata alam seperti air terjun dan lainnya seperti wahana buatan.

Di antara pilihan yang ada, berkebun mungkin menjadi salah satu alternatif yang unik selain dapat belajar bercocok tanam, juga dapat belajar menjaga dan merawat bumi. Hal ini yang dilakukan Prodi Agribisnis Fakultas Ilmu Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan Wisata Sayur Sehatnya.

Ketua Agribisnis Corner UMM, Ary Bachtiar mengatakan, wisata sayur sehat berada di bawah naungan Agribisnis Corner. Wisata Sayur Sehat dapat dikunjungi pada Selasa, Rabu dan Jumat. Tidak hanya civitas akademik, masyarakat umum pun bisa menikmati wisata ini.

Para pengunjung dapat merasakan sensasi memanen berbagai macam sayuran seperti sawi daging, okra, terong, brokoli hijau dan kacang panjang. “Jangan khawatir, nanti akan kami ajari cara memetiknya. Apalagi suasana sejuk alam perkebunan, menambah asiknya kegiatan berkebun," kata Ary.

Setelah memetik, sayur-sayuran akan ditimbang dan dikemas apik untuk dibawa pulang. Selain memetik sendiri, pengunjung juga dapat memilih sayuran yang sudah dikemas. Harga sayuran yang dipatok juga sangat terjangkau.

"Wisata yang berdiri satu bulan terakhir sejak akhir Agustus ini juga akan mengajarkan pengunjung cara merawat tanaman sayuran," tambah Ary.

Baca Juga

photo
Salah satu kegiatan wisata sayur sehat milik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Satu bulan terakhir saja, Ary mengungkapkan, sudah begitu banyak wisatawan dari luar Kota Malang yang berkunjung. Sebagian dari para pengunjung memang tengah studi banding ke UMM. Namun itu bukan berarti mereka tidak bisa sekaligus berwisata sayur sehat.

Ary tidak menjalankan Wisata Sayur Sehat ini sendirian. Ia dibantu oleh para mahasiswa Prodi Agribisnis untuk perawatan. Menurutnya, mahasiswa perlu berpraktik nyata sehingga dia memberikan banyak kesempatan pada para mahasiswa.

Bagi pria kelahiran Banyuwangi ini, mahasiswa Agribisnis sangat kurang jika hanya belajar memasarkan produk pertanian saja. Wisata Sayur Sehat ini harus menjadi laboratorium terapan mahasiswa UMM untuk berpraktik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA