Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Google Playstore dan AppStore Kasih Bintang 1 ke Tempo

Kamis 19 Sep 2019 10:14 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Dituding Hina Presiden, Google Playstore dan AppStore Kasih Bintang 1 ke Tempo. (FOTO: Akbar Nugroho Gumay)

Dituding Hina Presiden, Google Playstore dan AppStore Kasih Bintang 1 ke Tempo. (FOTO: Akbar Nugroho Gumay)

Dituding Hina Presiden, Google Playstore dan AppStore Kasih Bintang 1 ke Tempo

Warta Ekonomi.co.id, JAKARTA --- Tudingan penghinaan Presiden Joko Widodo yang dilayangkan kepada redaksi Tempo rupanya tidak hanya berimbas kepada majalahnya saja. Melalui pantauan dari Google Playstoredan AppStore, peringkat untuk aplikasi Tempo merosot drastis hingga ke bintang 1 dari 5 bintang.

Aplikasi berlogo huruf T tersebut tercatat sudah diunduh sebanyak lebih dari 100 ribu pengguna. Sudah 9 ribu lebih pengguna yang mengulas aplikasi Tempo tersebut, dan dari 9 ribu ulasan itu, banyak yang memberikan ulasan dengan peringkat bintang 1.

Dari ulasan tersebut, banyak pengguna yang menulis bahwa Tempo melakukan penghinaan terhadap simbol negara, yakni Presiden Joko Widodo. Pada kategori ulasan yang disebut Google Playstore sebagai most relevant, beberapa pengguna menyatakan kekecewaannya dalam ulasannya.

"Uninstalled. Mereka tahu Jokowi akan membiarkan ini. Jadi, mereka menghinanya. Tapi apa mereka berani membuat sampul yang serupa untuk yang lain? Buronan misalnya? Atau beranikah Tempo membuat sampul serupa untuk pimpinan organisasi yang intoleran di Indonesia? Oh tunggu dulu, sepertinya mereka akan meminta bantuan Jokowi jika mereka akan melakukannya. Memalukan," tulis pengguna dengan nama akun Marlon Keintjem pada Rabu (18/9/2019).

Meski demikian, bukan berarti tidak ada yang memberikan Tempo peringkat penuh, atau bintang 5. Beberapa pengguna menyayangkan ulasan yang ditulis pengguna lain dalam aplikasi Tempo.

Baca Juga: Ributin Cover 'Pinokio' di Majalah Tempo, Relawan Jokowi Kena Sindir Demokrat

"Aneh melihat hampir semua ulasan negatif yang ditulis karena satu isu. Saya harap Tempo dapat melanjutkan kerja bagusnya sebagai media yang sudah berdiri lama," tulis pengguna dengan nama akun Agung Torsu pada Senin (16/9/2019).

Pengguna lain juga mengeluhkan bagaimana ulasan negatif yang ditulis tentang aplikasi Tempo tidak relevan dengan kegunaan ulasan dalam Google Playstoresendiri.

"Pandangan politik jangan ditulis disini. Di sini itu tempat menulis tanggapan tentang bug. Developer tidak salah apa-apa, malah kalian hancurkan ratingnya," tulis pengguna dengan nama akun Yoga Pratama.

Pantauan terbaru pada Rabu (18/9/2019) rating aplikasi Tempo sendiri masih bersender pada bintang 1,1 dari 5 bintang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA