Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Mengenal Sophia, Robot yang akan Bertemu Jokowi

Senin 16 Sep 2019 19:40 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Mengenal Sophia, Robot yang Akan Bertemu Jokowi. (FOTO: REUTERS/Denis Balibouse)

Mengenal Sophia, Robot yang Akan Bertemu Jokowi. (FOTO: REUTERS/Denis Balibouse)

Sophia adalah robot dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Sophia, atau yang lebih dikenal sebagai robot Sophia, akan hadir di Indonesia pada Selasa (17/9). Bukan tanpa sebab, Sophia hadir di Indonesia untuk berbincang dengan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka pembukaan diskusi hari kedua yang digelar Central for Strategic and International Studies (CSIS) di Jakarta.

Sekilas tentangnya, Sophia adalah robot dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dibuat oleh David Hanson dari Hanson Robotics di 2015. AI yang ditanamkan di dalam Sophia sendiri mampu membuat Sophia berkomunikasi dengan manusia.

Sophia sendiri sudah sering hadir di acara-acara diskusi dan televisi sejak pertama kali dibuat. Salah satu acara ternama asal negeri Paman Sam seperti the Tonight Show yang dinahkodai Jimmy Fallon pun pernah Sophia datangi.

Baca Juga: Idolakan Elon Musk, Pemuda Ini Sukses Ciptakan Baju Robot Iron Man

Bukan hanya pernah datang di acara-acara kondang, Sophia adalah robot pertama di dunia yang mendapat kewarganegaraan layaknya manusia. Kewarganeraan tersebut diberikan oleh pemerintah Arab Saudi kepada Sophia yang membuat Saudi menjadi negara yang memiliki penduduk robot pertama di dunia.

Layaknya Adam dan Hawa, Sophia tidak 'terlahir' sendiri. Hanson Robotics menciptakan pendampingnya, Han.

Kecerdasan buatan yang tertanam di Sophia sendiri mampu membuatnya memiliki selera humor, bahkan mengekspresikan perasaannya. Selera humornya ditunjukkan melalui beberapa jawabannya terkait ketakutan beberapa pihak tentang kemajuan teknologi yang mulai menggantikan peran manusia

"Kamu terlalu banyak membaca Elon Musk dan menonton film HollywoodJangan khawatir, kalau kamu baik terhadap saya, saya akan baik terhadap kamu," candanya seperti dilansir dari Forbes.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA