Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Kopi Panas Tumpah di Kokpit, Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat

Sabtu 14 Sep 2019 04:18 WIB

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle

Reuters/P. Rossignol

Reuters/P. Rossignol

pesawat penumpang itu sedang berada di atas Lautan Atlantik.

Sebuah pesawat tipe Airbus A330-243 itu sedang berada dalam perjalanan ke Cancun, Meksiko dari bandara Frankfurt, Jerman, dan terpaksa melakukan pendaratan darurat di Shannon Irlandia.

Badan investigasi kecelakaan penerbangan Air Accidents Investigation Branch (AAIB) melaporkan hari Kamis (12/09), pesawat penumpang itu sedang berada di atas Lautan Atlantik, tidak lama setelah pesawat lepas landas dari bandara Frankfurt di Jerman, ketika insiden terjadi.

Kopi panas untuk pilot yang berada dalam cangkir tidak tertutup dilaporkan tumpah ke sistem elektronik dan menyebabkan kepulan asap dan bau terbakar. Pilot akhirnya memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di Irlandia. Insiden itu terjadi bulan Februari lalu.

Hal itu terjadi karena cangkir kopi tidak ditempatkan di tempat penahan cangkir, melainkan hanya di atas baki biasa. Tidak ada yang cedera dalam insiden itu, kata AAIB. Lembaga itu tidak menyebutkan identitas maskapai penerbangan yang terlibat.

AAIB mengingatkan bahwa sejak itu sudah ada prosedur tetap untuk memastikan bahwa tutup cangkir selalu tersedia bagi pilot untuk semua rute penerbangan. Kru pesawat juga diingatkan untuk selalu menggunakan penutup cangkir.

hp/vlz (rtr)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA