Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Persib Tahan Imbang Tira Persikabo pada Derbi Jabar

Sabtu 14 Sep 2019 20:21 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Pesepak bola Tira Persikabo Khursed Beknazarov (kedua kiri) berebut bola diudara dengan pesepak bola Persib Bandung Kippersluis (kedua kanan) pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/9/2019).

Pesepak bola Tira Persikabo Khursed Beknazarov (kedua kiri) berebut bola diudara dengan pesepak bola Persib Bandung Kippersluis (kedua kanan) pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/9/2019).

Foto: ANTARA FOTO
Persib membalas melalui tandukan Nick Kuippers tepat sebelum babak pertama berakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Derbi Jawa Barat (Jabar) yang mempertemukan PS Tira Persikabo dan Persib Bandung dalam laga pekan ke-18 Liga 1 berakhir tanpa pemenang. Persib menahan imbang Tira Persikabo 1-1 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (14/9).

Tira Persikabo lebih dulu unggul lewat gol Osas Saha yang dicetak dari titik putih pada menit ke-16. Persib membalas melalui tandukan Nick Kuippers tepat sebelum babak pertama berakhir.

Hasil ini membuat Tira Persikabo gagal mendekati pemuncak klasemen Bali United yang sehari sebelumnya ditahan Bhayangkara FC 0-0. Tim asuhan Rahmad Darmawan mengoleksi nilai 34 dari 18 laga dan berada di psosi kedua, tertinggal tujuh angka dari Bali United yang punya satu laga sisa lebih banyak. Sementara Persib berada di peringkat 10 dengan nilai 20.

Baca Juga

Jalannya laga

Tim tuan rumah bermain menyerang dengan menggunakan tiga pemain depan. Rahmad Darmawan menurunkan Osas Saha, Loris Arnaud, dan Ciro Alves untuk menekan Persib.

Sementara Persib kehilangan strikernya, Ezechiel N'Duoassel. Sebagai gantinya, Robert Rene Alberts bermain bertahan dengan menurunkan lima bek dan hanya menempatkan Kevin van Kippersluis di depan.

Pertandingan babak pertama diawali dengan peluang Persib. Menit kedelapan, peluang dari Omid Nazari masih menyamping dari gawang Angga Saputro.

Petaka bagi Persib terjadi pada menit ke-15 saat Achmad Jufriyanto handball di kotak penalti. Tira Persikabo mendapatkan hadiah penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Osas Saha. Ia mengarahkan bola pelan ke arah kiri yang salah diantisipasi I Made Wirawan. Skor berubah menjadi 1-0 atas keunggulan Tira Persikabo.

Tertinggal membuat Persib melancarkan serangan demi serangan. Persib lebih sering menyerang dari sisi kiri, mengandalkan kerja sama Aldi Idrus dan Ezteban Vizcarra. Sesekali serangan dari kanan dibangun melalui Supardi. Namun disiplinnya para pemain Tira Persikabo memutus alur bola, serta cekatannya kiper Angga membuat Persib kesulitan menyamakan skor.

Menit 28, Tira Persikabo gagal menambah keuntungan karena jebakan offside. Selang tiga menit, gol Osas dianulir karena ia memasukkan bola dengan tangannya. Osas mendapatkan kartu kuning

Persib kembali menguasai pertandingan. Tekanan Ghozali di kotak penalti gagal dieksekusi oleh Achmad Jufriyanto. Tandukannya masih tipis di atas gawang Angga. Sementara pada menit ke-41, tendangan bebas Omid masih mengenai mistar gawang tuan rumah.

Menjelang babak pertama berakhir, duel Aldi Idrus dengan Angga membuat sang kiper terkapar. Angga mendapatkan perawatan dan bisa melanjutkan pertandingan. Tambahan waktu dua menit diberikan oleh wasit. 

Saat laga tampaknya berakhir dengan keunggulan tuan rumah, Persib akhirnya mampu menyamakan skor. Berawal dari pelanggaran di tengah lapangan, Persib mendapatkan tendangan bebas. Dedi Kusnandar melepaskan umpan lambung terukur ke kotak penalti. Nick yang jangkung berhasil menyambutnya dengan tandukan silang yang tak bisa ditepis Angga. Gol ini pun disambut heboh kubu Persib dan puluhan ribu Bobotoh yang hadir di Stadion Pakansari. 

Babak kedua dimulai dengan  tekanan dari Tira Persikabo setelah Wawan melewati lini tengah Persib. Menit ke-52, Persib memanfaatkan serangan balik dari Tira Persikabo. Sayangnya tendangan Vizcarra dapat dibaca dan diantisipasi oleh Angga.

Ciro kembali mencoba peruntungan dengan tendangan jarak jauh yang masih menyamping gawang. Ritme pertandingan pun sempat menurun. 

Persib kembali menguasai pertandingan dengan melakukan serangan cepat di lini pertahanan Tira Persikabo. Dengan cepat bola diberikan kembali pada Loris dan mencoba menekan pertahanan Persib melalui serangan balik.

Menit ke-79, Persib kembali mencoba menjajal lini belakang Tira Persikabo, sayangnya, tendangan jarak jauh Kevin masih jauh dari kata gol. Aksi saling serang membuat sorakan penonton seakaan tidak pernah berhenti. Tendangan bebas Ciro yang dipantulkan  Osas ke arah gawang nyatanya masih bisa diantisipasi oleh refleks cepat Made Wirawan.

Tira Persikabo terus menekan pertahanan Persib. Menit 88, Osas Saha melakukan solo attacking meski bisa dihalau oleh Achmad Jufriyanto. Wasit memberikan tambahan waktu tiga menit untuk kedua tim. Tira Persikabo tampak enggan melepas peluang menang pada injury time ini. Sayangnya, satu peluang dari tendangan bebas pada detik-detik akhir gagal dimaksimalkan. Pertandingan berakhir imbang dengan skor 1-1.

Susunan Pemain

Tira Persikabo: Angga Saputro, Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu, Ciro Alves, Guntur Triaji, Munadi, Osas Saha, Parfait Louis, Wawan Febriyanto dan Loris Arnaud.

Persib Bandung: I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus, Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Supardi, Omid Nazari, Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra, Ghozali Siregar, dan Kevin van Kippersluis

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA