Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Belanja Pariwisata Domestik Saudi Meningkat Signifikan

Ahad 15 Sep 2019 07:00 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah

Kawasan Rijal Alma, objek wisata global yang terletak di selatan pegunungan Saudi.

Kawasan Rijal Alma, objek wisata global yang terletak di selatan pegunungan Saudi.

Foto: Arab News
Peningkatan signifikan selama delapan bulan pertama 2019.

REPUBLIKA.CO.ID,  RIYADH – Volume belanja di sektor pariwisata domestik Arab Saudi mengalami peningkatan signifikan selama delapan bulan pertama tahun ini. 

Baca Juga

Menurut laporan terbaru dari Pusat Penelitian dan Informasi Pariwisata (MAS) di Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Budaya Nasional (SCTH), peningkatan tersebut mencapai 33,8 miliar riyal dari sebelumnya 31,3 miliar riyal selama periode yang sama tahun lalu.

Disebutkan, bahwa jumlah masuk atau penerimaan wisatawan tercatat mengalami peningkatan, sementara arus wisatawan keluar menurun sebesar 5,8 persen selama periode tersebut.

Dilansir Saudi Gazette, Sabtu (14/9), laporan itu menunjukkan bahwa kunjungan atau pergerakkan turis domestik mencatat kenaikan sebesar 3,4 persen menjadi 30 juta perjalanan dari mulai Januari hingga Agustus 2019 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Ada total 156,5 juta pariwisata malam selama periode tersebut dibandingkan dengan sebanyak 156,2 juta pariwisata malam pada 2018 lalu.

Saudi Press Agency melaporkan bahwa pusat informasi itu juga menunjukkan bahwa pariwisata dari mancanegara (inbound) telah memperlihatkan peningkatan yang luar biasa selama dua bulan terakhir. 

Total perjalanan wisata selama Juli dan Agustus 2019, yang bertepatan dengan liburan musim panas tahunan dan musim haji, tercatat ada 3,2 juta pengunjung dibandingkan dengan tiga juta pengunjung selama periode yang sama tahun lalu.

Nilai total pembelanjaan mereka mencapai 36,2 miliar riyal, meningkat dari 33 miliar riyal pada periode yang sama tahun lalu. Turis inbound menghabiskan lebih dari 56 juta malam selama dua bulan terakhir, meningkat dari 52,9 juta untuk periode yang sama pada 2018.

Menurut laporan MAS, jumlah wisatawan yang bepergian ke luar Saudi selama periode Januari hingga Agustus menurun sebesar 5,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Arus turis ke luar Saudi selama liburan musim panas selama Juli dan Agustus menurun menjadi 4,4 juta pengunjung, dibandingkan sebelumnya sebesar 4,6 juta untuk periode yang sama tahun lalu.

Laporan itu mencatat bahwa volume pariwisata malam yang dihabiskan oleh para pelancong di luar Kerajaan Saudi pada Juli dan Agustus tahun ini menyumbang sebesar 78,4 juta. 

Tercatat ada penurunan sebesar 4,6 persen dari periode yang sama pada tahun lalu. Mereka menghabiskan hampir 16,4 miliar riyal selama periode ini, menurun sebesar 5,9 persen dari periode musim panas yang sama tahun lalu. (Kiki Sakinah) 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA