Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Pengguna Android Wajib Tahu! 24 Aplikasi Ini Bisa Mengancam Keamanan Ponselmu!

Sabtu 14 Sep 2019 05:19 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Pengguna Android Wajib Tahu! 24 Aplikasi Ini Bisa Mengancam Keamanan Ponselmu!. (FOTO: (Foto: 9to5google))

Pengguna Android Wajib Tahu! 24 Aplikasi Ini Bisa Mengancam Keamanan Ponselmu!. (FOTO: (Foto: 9to5google))

Sedikitnya ada 24 aplikasi di Android ini bisa mengancam keamanan ponsel.

Warta Ekonomi.co.id, -- Android memiliki toko aplikasi bernama Play Store, menjajakan banyak perangkat lunak di dalamnya. Sebagian memang ditawarkan langsung oleh pengembang resmi, tapi ada sekitar 24 aplikasi yang memiliki efek buruk terhadap perangkat, menurut penelitian.

Lembaga CSIS Security Group baru-baru ini menerbitkan laporan tentang 24 aplikasi yang mengandung malware The Joker. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kode jahat yang didesain untuk mengambil keuntungan dari pengguna ponsel yang ditargetkan.

Malware itu secara otomatis mengklik iklan tertentu, lalu melakukan pendaftaran program dengan mengakses pesan singkat untuk memperoleh kode otorisasi. Hal itu berpotensi memeras pengguna karena harus membayar biaya langganan program yang didaftarkan oleh peretas.

Baca Juga: Dear Pengguna iPhone dan Mac, Kamu Harus Waspada Karena....

Yang paling parah, aplikasi itu dapat menyerang individu di 37 negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan Jerman. 

Adapun, 24 aplikasi yang mengandung malware The Joker, meliputi: Advocate Wallpaper, Age Face, Altar Message, Antivirus Security, Beach Camera, Board Picture Editing, Certain Wallpaper, Climate SMS, Collate Face Scanner, Cute Camera, Dazzle Wallpaper, dan Declare Message.

Lebih lanjut, aplikasi berbahaya lainnya bernama: aplikasi Display Camera, Great VPN, Humour Camera, Ignite Clean, Leaf Face Scanner, Mini Camera, Print Plant Scan, Rapid Face Scanner, Reward Clean, Riddy SMS, Soby Camera, dan Spark Wallpaper.

24 aplikasi tersebut dilaporkan telah dihapus oleh Google. Namun, jika pengguna sudah atau pernah memasang aplikasi-aplikasi itu, sebaiknya segera copot pemasangan dan periksa riwayat transaksi, apakah ada yang mencurigakan atau tidak?

Jika iya, artinya peretas telah memanfaatkan ponsel Anda untuk mencuri data pribadi seperti data finansial, mencakup nama pengguna dan kata sandi aplikasi bank seluler.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA