Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Irjen Pol Firli Ketua KPK, Wiranto: Kita Buktikan Kinerjanya

Jumat 13 Sep 2019 12:37 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah

Menkopolhukam, Wiranto

Menkopolhukam, Wiranto

Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Wiranto menilai polemik setiap ada pejabat yang diangkat hal biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku belum mendengar kabar terpilihnya Inspektur Jenderal Firli Bahuri sebagai Ketua KPK periode 2019-2023, Jumat (23/9) dini hari. Menurut dia, percayakan saja yang bersangkutan dapat melaksanakan misi dengan baik.

"Kalau polemik biasa ya, setiap ada pejabat diangkat selalu ada polemik, biasa. Ada suka dan tidak suka, ya biarkan saja. Kita buktikan kinerjanya bagaimana," ujar Wiranto di kantor Lemhanas, Jakarta Pusat, Jumat (13/9).

Ia mengatakan, pimpinan KPK terpilih sudah melalui proses pemilihan yang panjang. Polemik pro dan kontra yang mencuat di masyarakat terhadap sosok Irjen Pol Firli merupakan hal yang biasa atas setiap pengangkatan pejabat.

Di sisi lain, menurut Wiranto, KPK akan ditangani seseorang yang paham betul dengan posisi dan misi yang diembannya dalam konteks pemberantasan korupsi di Indonesia. Sehingga, komisi pemberantasan korupsi yang sangat terpercaya, bergengsi, dan sangat berprestasi tetap melekat pada KPK.

"Kita percayakan sajalah ketua terpilih dapat melaksanakan misi dengan baik karena itu harapan masyarakat seperti itu," kata Wiranto.

Sebelumnya, Komisi III DPR telah selesai melakukan fit and proper test terhadap 10 orang capim KPK yang telah dilakukan selama dua hari, Rabu-Kamis. Dari hasil fit and proper test terhadap 10 orang capim KPK tersebut, Komisi III DPR melakukan voting untuk memilih lima nama untuk bisa menjadi pimpinan lembaga antirasuah periode 2019-2023.

Sebanyak 56 anggota diminta melakukan voting dengan memilih lima dari 10 capim KPK yang telah melakukan fit and proper test. Caranya, para anggota membulatkan lima nama yang dipilih.

‎Dari hasil voting tersebut, Komisi III DPR telah memilih lima orang yang ditunjuk sebagai pimpinan KPK. Mereka adalah Alexander Marwata (pimpinan KPK), Irjen Pol Firli Bahuri (Polri), Lili Pintauli Siregar (advokat), Nawawi Pomolango (hakim), dan Nurul Ghufron (dosen).

Hasil lengkap voting dalam pemilihan pimpinan KPK oleh Komisi III DPR sebagai berikut.

1. Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (53)

2. Irjen Pol Firli Bahuri (56)

3. Auditor BPK, I Nyoman Wara (0)

4. Jaksa, Johanis Tanak (0)

5. Advokat, Lili Pintauli Siregar (44)

6. Dosen, Luthfi Jayadi Kurniawan (7)

7. Hakim, Nawawi Pamolango (50)

8. Dosen, Nurul Ghufron (51)

9. PNS Sekretaris Kabinet, Robi Arya (0)

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA