Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Ancol Pembatas Antara Dunia Imajinasi dan Dunia Realitas

Jumat 13 Sep 2019 12:04 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Pada hari libur nasional Pilkada Serentak 2018 Rabu (27/6), kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol memberikan akses masuk gratis bagi yang ber-KTP DKI Jakarta.

Pada hari libur nasional Pilkada Serentak 2018 Rabu (27/6), kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol memberikan akses masuk gratis bagi yang ber-KTP DKI Jakarta.

Foto: dok. Humas Ancol
Ada dua pilihan bagi Ancol, berbenah atau mati pelan-pelan ditinggalkan pengunjung

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Geisz Chalifah, Produser Jakarta Melayu Festival

Tagline-nya bernama Taman Impian Jaya Ancol, namun usaha menemukan di mana taman impiannya relatif sulit, tak ada yang berbeda dengan taman-taman di luar Ancol bahkan taman di Jalan Sudirman lebih indah dari yang ada di Ancol.

Bisa dikatakan Ancol semakin meranggas, inovasi berjalan lambat, hanya menikmati keadaan yang sudah ada. Tetap banyak didatangi pengunjung namun tak memberi kesan kebaruan alias itu-itu saja.

Wilayah puluhan hektar itu memiliki beragam unit taman hiburan. Dunia Fantasi, Gelanggang Samudra juga Seaworld. Ada pula resort yang telah berumur puluhan tahun dengan restoran yang juga sama tuanya dan tak ada renovasi.

Hanya ada dua pilihan bagi taman hiburan yang telah berada puluhan tahun di Jakarta Utara itu. Mati pelan-pelan ditinggalkan pengunjungnya atau berbenah di semua lapisan.

photo
Artis Aaliyah Massaid (kedua kiri) bersama sejumlah penyelam usai mengibarkan bendera merah putih di dalam air (underwater) dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74 di Seaworld, Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8).

Satu per satu dibahas, dimulai dari watak manusianya. Pintu gerbang adalah wajah Ancol, setiap yang bertugas di pintu masuk, maka dia menjadi cermin bagi Ancol secara keseluruhan, keramahan pada pengunjung harus menjadi sarat utama.
Pembekalan pada karyawan di pintu masuk terus menerus diberikan.

Forum-forum internal digalakkan, Ancol Talk, Ancol Town Hall, dan training yang berkelanjutan pada setiap unit terus menerus dilakukan. Tujuannya agar pola kerja  juga kreatifitas insan Ancol selalunya mengalami pertumbuhan.

Semua diinventarisir, semua dibahas dengan seksama lalu satu keputusan besar diambil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA