Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Mandiri Sekuritas Prediksi Peringkat Utang Indonesia Naik

Kamis 12 Sep 2019 09:16 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolanda

Utang/ilustrasi

Utang/ilustrasi

Foto: johndillon.ie
Peningkatan peringkat utang didorong membaiknya defisit neraca berjalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Mandiri Sekuritas memprediksi peringkat utang Indonesia akan naik ke BBB+ pada 2020. Saat ini lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor’s (S&P) telah menaikkan peringkat utang Indonesia dari BBB- menjadi BBB.

Head of Fixed Income Research Mandiri Sekuritas Handy Yunianto mengatakan prediksi tersebut didorong oleh kebijakan fiskal dan moneter Indonesia yang prudent. Semisal, pemerintah merevisi budget defisit terhadap pertumbuhan ekonomi pada 2020 menjadi 1,76 persen dari 1,93 persen pada tahun ini.

Baca Juga

“Angka 1,76 persen penting karena isu utama Indonesia utang adalah primary balance deficit. Artinya, untuk membayar bunga saja, pemerintah harus berutang," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (11/9).

Menurutnya prediksi tersebut juga lantaran membaiknya defisit neraca berjalan atau current account deficit (CAD) dan government fiscal balance pada tahun depan. Maka perbaikan CAD, rupiah akan stabil sehingga dapat semakin menarik minat investor asing.

"Karena dengan risiko nilai tukar yang rendah, yield obligasi jadi menarik. Tentu dana asing akan masuk," ucapnya.

Dia memprediksi yield obligasi Indonesia untuk tenor 10 tahun pada 2020 akan turun ke 6,25 persen sampai 6,5 persen atau lebih rendah dari tahun ini yang sebesar 6,75 persen sampai tujuh persen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA