Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Lion Parcel Perluas Jaringan Logistik

Kamis 12 Sep 2019 07:33 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Chief Executive Officer (CEO) Lion Parcel Farian Kirana menjelaskan mengenai targetnya setelah bekerja sama dengan PT Kereta Api (KA) Logistik di Gedung Lion Parcel, Jumat (8/3).

Chief Executive Officer (CEO) Lion Parcel Farian Kirana menjelaskan mengenai targetnya setelah bekerja sama dengan PT Kereta Api (KA) Logistik di Gedung Lion Parcel, Jumat (8/3).

Foto: Republika/Rahayu Subekti
Parcel melakukan kerja sama logistik lintas batas dan peningkatan perdagangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) berkembang dengan ekonomi digital, Lion Parcel memperluas jaringan logistiknya. Lion Parcel kemarin (11/9) melakukan kesepakatan kemitraan untuk kerja sama logistik lintas batas dan peningkatan perdagangan bilateral antara dengan Malaysia.

Direktur Utama Lion Parcel Farian Kirana mengatakan nota kesepahaman tersebut merupakan dukungan kepada pemerintah melalui Kementerian Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. "Perjanjian dengan Line Clear Express Sdn Bhd yang difasilitasi oleh State Goverment of Selangor dilaksanakan melalui MOU," kata Farian di Lion Air Tower, Rabu (11/9).

Dia memastikan nantinya perjanjian tersebut akan membuka peluang potensi pengiriman produk UKM, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan pengiriman retail sebagai usaha yang berkesinambungan. Khususnya, kata dia, untuk memperluas pangsa pasar produk kedua negara Indonesia dan Malayasia.

Farian menjelaskan kerja sama rantai pasok digital bertujuan untuk mengembangkan kompetensi digital.

"Ini bisa dilakukan dengan meningkatkan pemberdayaan serta mengurangi peran pihak penengah," tutur Farian.

Pada akhirnya, lanjut dia, pengalaman layanan terbaik menjadi imbalan atas peluang dan permintaan bisnis yang berkelanjutan. Sebab, Dia menjelaskan Lion Parcel dan Line Clear Express Sdn Bhd memberikan akses pengiriman secara dari pintu ke pintu.

"Ini mulai dari penjemputan di pintu pengirim suatu desa sampai kepada pengantaran ke penerima di tujuan," jelas Farian.

Dengan begitu, Farian mengharapkan dapat meningkatkan pengiriman baru yang berasal dari UKM, retail, pelajar, pekerja, dan klien korporat. Selain itu juga pengambilan barang dapat dilakukan dari desa atau tempat manapun di Indonesia untuk dikirimkan kepada penerima di setiap lokasi di Malaysia dan sebaliknya.

Selain itu, kemudahan Lion Parcel juga melakukan penandatanganan MOU dengan Padi Mall yang merupakan e-commerce yang mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), disainer lokal, produsen, dan pedagang muslim. "Ini dengan membangun wadah online retail untuk melakukan prosedur ekspor produk (Indonesia)," ujar Farian.

Farian memastikan Padi Mall akan bergabung sebagai point of sales dari Lion Parcel di setidaknya 12 wilayah Indonesia. Farian mengharapkan Padi Mall dapat berperan sebagai konsultan pengiriman untuk setiap permintaan dan kebutuhan yang berasal dari UKM di daerah masing-masing. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA