Selasa, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Selasa, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Kembangkan Digitalisasi Bisnis Pariwisata, Kemenpar Teken MoU dengan Blibli.com

Kamis 12 Sep 2019 03:33 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Kembangkan Digitalisasi Bisnis Pariwisata, Kemenpar Teken MoU dengan Blibli.com. (FOTO: Kemenpar)

Kembangkan Digitalisasi Bisnis Pariwisata, Kemenpar Teken MoU dengan Blibli.com. (FOTO: Kemenpar)

Kemenpar dan Blibli ingin mengembangkan program Wonderful Indonesia

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menandatangani nota kesepahaman untuk mendukung program ‘Wonderful Indonesia’.

Disaksikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto, kedua pihak berkomitmen untuk mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia dan penyaluran produk serta jasa berbasis online.

Blibli.com melalui kategori Blibli Travel akan mendukung promosi 10 destinasi pariwisata prioritas dan 88 kawasan strategis pariwisata lainnya. Melalui situs dan aplikasi Blibli.com, mal online ini akan membuat situs mikro dan desain khusus untuk ‘Wonderful Indonesia’.

Plt. Sekretaris Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata.

Baca Juga: Kemenpar Beberkan 10 Program Pariwisata RI yang Pacu Pendapatan Devisa

"Melalui platform dan teknologi yang dimiliki oleh Blibli.com, kami yakin akan banyak potensi-potensi pelaku usaha yang bisa dikembangkan bersama," ujar Ni Wayan Giri Adnyani dalam keterangan tertulis yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Senior Vice President Product Category Lay Ridwan Gautama, menambahkan, Blibli.com akan mendukung pengembangan bisnis UMKM melalui rangkaian program pelatihan. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi pembekalan bagi UMKM untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas produknya serta membawa bisnisnya ke ranah online. Pada situs mikro ‘Wonderful Indonesia’, para pelanggan Blibli.com dapat mengakses produk-produk UMKM yang tersedia di area yang termasuk di dalam destinasi prioritas ini.

“Para UMKM menjadi aset penting dalam memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia bagi para wisatawan. Dengan adanya pelatihan dan penjualan produk di Blibli.com, mereka berkesempatan untuk memasarkan produk mereka hingga ke seluruh Indonesia,” ujar Ridwan.

Baca Juga: Cara Blibli Puaskan Pelanggan, Gabungkan Sentuhan Manusia dan Teknologi AI

Sebagai e-commerce lokal, kerja sama ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha pariwisata. Blibli.com menyediakan mulai dari kebutuhan dasar pariwisata seperti tiket dan penginapan, produk UMKM lokal hingga  jasa layanan lokal lainnya.  Oleh karena itu, UMKM lokal dapat memanfaatkan platform Blibli.com dalam mengembangkan bisnisnya agar lebih dikenal dan mudah dijangkau.

Kategori produk Blibli Travel ini termasuk kategori yang masih baru di Blibli.com. Sejak diluncurkan tahun 2016, kategori ini telah mengalami pertumbuhan yang positif. Pada semester pertama 2019, kategori Blibli Travel telah berkembang hingga 300% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA