Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Sinar Mas Land Siapkan BSD Jadi Silicon Valley-nya Indonesia

Rabu 11 Sep 2019 19:01 WIB

Rep: Zainur mahsir ramadhan/ Red: Dwi Murdaningsih

BSD City.

BSD City.

Foto: industry.co.id
Sinarmas Land akan mengundang banyak startup untuk beroperasi di BSD.

REPUBLIKA.CO.ID,  TANGERANG – Sinar Mas Land sedang menyiapkan Digital Hub sebagai tempat yang akan menaungi berbagai usaha, termasuk di dalamnya kumpulan startup baru. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kemajuan digital di Indonesia dengan berbagai inovasi dan kebutuhannya.

Baca Juga

Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, dalam jangka pendeknya, Sinarmas Land akan mengundang banyak startup untuk beroperasi di BSD. Selain itu pihaknya juga akan mengundang banyak perusahaan untuk kemudian mencocokannya dengan startup mana yang sesuai terkait progresnya.

“Harus lebih berpusat pada ekosistem, jadi nanti di BSD sini bisa menjadi seperti silicon valey,” ujar di kepada Republika.co.id di BSD City, Tangerang, Rabu (11/9).

Namun demikian ia menuturkan, startup yang bisa beroperasi di wilayahnya tersebut hanya startup tertentu dengan series A atau B. Sebab, startup tersebut sudah memiliki projek dan pendanaan yang jelas.

“Panjangnya, kita siapkan digital hub ini untuk kita aktifkan berbagai programnya, dan kalau kita ngomong digital hub maka dipastikan jangka panjangnya adalah lapangan pekerjaan,” kata dia.

Dia menambahkan, selain fasilitas dari BSD Innovation Labs yang akan menyediakan tempat dan menaungi kumpulan startup tersebut, Plug and Play dan Digitaraya juga akan siapkan perannya masing-masing. Menurut dia, sudah ada network untuk startup dari Plug and Play, sementara programnya telah disiapkan sedemikian rupa oleh Digitaraya.

“Ini sudah siap, tinggal menunggu operasional 2020 nanti,” kata Irawan.

Managing Director dari Digitaraya, Nicole Yap mengatakan bahwa penyedia startup dengan berbagai kebutuhannya masih sangat dibutuhkan. Terlebih dengan majunya zaman dan berbagai kebutuhannya. Menurut dia, pelaksanaan innovation lab akan dimulai pada Februari tahun depan dan akan dimulai dengan beberapa gelombang.

“Jadi intinya kami sangat bersemangat dalam kerjasama ini,” ujar dia.

Sinar Mas Land telah bekerja sama dengan GK Plug and Play dan Digitaraya untuk mendukung perkembangan bisnis startup berbasis digital di BSD City. Dalam prosesnya BSD Innovation Labs akan menjadi startup yang mendukung property technology pertama di Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA