Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

BI Luncurkan Forum Sistem Pembayaran Sumatra Utara

Rabu 11 Sep 2019 12:44 WIB

Red: Gita Amanda

“Kick Off Forum Sistem Pembayaran Sumatera Utara” pada Senin (9/9) lalu, bertempat di Grand Ballroom, Hotel Adimulia Medan.

“Kick Off Forum Sistem Pembayaran Sumatera Utara” pada Senin (9/9) lalu, bertempat di Grand Ballroom, Hotel Adimulia Medan.

Foto: BI
Forum ini bertujuan untuk mempercepat implementasi ekonomi dan keuangan digital.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Bank Indonesia (BI) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kabupaten/kota se-Sumatera Utara, perbankan dan stakeholder lainnya telah melaksanakan “Kick Off Forum Sistem Pembayaran Sumatera Utara” pada Senin (9/9) lalu, bertempat di Grand Ballroom, Hotel Adimulia Medan. Forum Sistem Pembayaran (SP) merupakan sebuah wadah komunikasi, koordinasi dan sinergi seluruh stakeholder ekonomi dan keuangan digital di Sumatera Utara.

Forum ini bertujuan untuk mempercepat implementasi ekonomi dan keuangan digital di Sumatera Utara secara merata. Ini dilakukan demi mendukung pertumbuhan ekonomi yan kuat, seimbang, inklusif dan berkelanjutan di tengah tantangan ketidakpastian global yang ada.

Baca Juga

“Forum ini memiliki tiga pilar, yaitu Community atau penguatan jejaring dan koordinasi berbasis komunitas, database atau sharing data nonconfidential sehingga perencanaan perluasan elektronifikasi dapat terukur dan sesuai sasaran serta research atau integrase kajian tentang isu-isu terkini dibidang sistem pembayaran baik yang dilakukan oleh Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan stakeholders lainnya,” ujar Direktur BI KPw Wilayah I Sumut Andiwiana Septonarwanto dalam siaran persnya.

Setelah pelaksanaan kick off tersebut, kegiatan Forum SP akan dilanjutkan dengan pembahasan rinci setiap topik dalam Forum baik topik Elektronifikasi Transaksi Pemda dan Bansos Non Tunai pada bulan Oktober 2019 serta topik Elektronifikasi transaksi sektor ritel, transportasi dan pariwisata pada bulan November 2019. Melalui forum tersebut, Bank Indonesia berharap dapat berkolaborasi bersama menyusun program kerja lebih rinci, mekanisme koordinasi dan monitoring, ketersediaan Peraturan Daerah serta menerapkan pilot project maupun replikasi program kerja untuk meningkatkan digital payment di Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Asisten Pembangunan Pemprov Sumut Jumsadi Damanik, mewakili Gubernur Sumatera Utara, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bank Indonesia selaku penyelenggara kegiatan serta penggagas lahirnya Forum Sistem Pembayaran ini. Ia berharap seluruh stakeholders mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam menghadapi era ekonomi digital ini guna mendorong perekonomian Sumatera Utara.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Seminar Ekonomi dan Keuangan Digital dengan narasumber Lis Sutjiati (Staf Khusus Kementrian Komunikasi dan Informatika), Teuku Parvinanda Andri (VP Head of Regional Affairs GOJEK), Bima Laga (AVP Public Policy Bukalapak) serta Waasi Sumitardja (VP Digital Banking Product Head) yang membahas secara terperinci arah kebijakan pembangunan ekonomi dan keuangan digital yang dicanangkan oleh pemerintah pusat serta kolaborasi dan kontribusi masing-masing pemain ekonomi digital baik dari fintech, perbankan, e-commerce dan online transportation atau delivery.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh lebih dari 325 orang yang terdiri dari pimpinan OPD khususnya BPKAD, BPPRD, Disperindag, Dishub, Perbankan, akademisi, pelaku fintech, start up, asosiasi serta stakeholders ekonomi digital lainnya (ASDP, BUJT, Angkasa Pura II, Pelindo 1, dan lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA