Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

PMI: Jadikan Donor Darah Gaya Hidup

Rabu 11 Sep 2019 09:19 WIB

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Friska Yolanda

Donor darah.

Donor darah.

Foto: PMI
Pemkot Tangerang Selatan ingin melaksanakan kegiatan donor darah secara rutin.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar kegiatan donor darah pada hari jadi ke-74. PMI mengimbau masyarakat untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup.

Baca Juga

Bertema ‘Kita Tangguh Indonesia Maju’, PMI bekerja sama dengan organisasi masyarakat serta sosialisasi kegiatan ini secara menyeluruh. Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Suhara Manullang mengatakan, donor darah dapat menjadi gaya hidup masyarakat. Selain menjadikan sehat, dengan donor darah dapat mengetahui berbagai penyakit yang ada pada tubuh. Dan juga merangsang sel darah untuk meregenerasi sel darah baru.

“Jadi diharapkan dengan kegiatan donor darah ini dapat menjadi satu bagian gaya hidup masyarakat Indonesia, nantinya donor darah ini akan secara rutin diadakan di Puspemkot Tangsel," ucapnya, Selasa (10/9).

Kegiatan Banten Berdonor Bersama secara serentak dilaksanakan se-provinsi Banten. Untuk kegiatan di Tangsel dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Living World Alam Sutera dan di Puspemkot Tangsel, Ciputat.

Suhara mengatakan, ini merupakan permintaan dari wali kota dan wakil wali kota. Mereka ingin mengadakan secara rutin kegiatan sosial seperti ini. Kegiatan yang tentu memberikan manfaat bagi diri sendiri dan tentu untuk masyarakat luas.

Saat ini, kegiatan donor darah telah mengalami peningkatan dibanding sebelumnya. Peningkatannya hampir 200 persen.

Sebagian dari mereka melakukan donor darah secara rutin. Kegiatan donor darah juga terkadang menjadi permintaan dari masyarakat kepada PMI. 

Wali Kota Tangerang Selatan Airin mengatakan ingin melaksanakan kegiatan ini secara rutin. Minimal, katanya, donor darah dilakukan satu tahun sekali. Untuk pelaksanaan dapat dilakukan di pusat pemerintah kota.

"Kita sengaja adakan di kantor pemerintahan kota untuk mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat ataupun staf untuk melakukan donor darah," kata Airin.

Sejumlah elemen masyarakat juga turut serta mengikuti kegiatan ini. Berbagai komunitas ikut menyumbangkan darahnya. Antusiasme masyarakat juga terlihat dengan berbondong-bondong meramaikan kegiatan donor darah.

Donor darah ini bisa dilakukan kapanpun. Selain hari ini, masyarakat dapat langsung datang ke Kantor Unit Donor Darah Tangsel yang berada di Jalan Cendikia, Serpong, Kata Airin.

“Kemarin saya sudah cek sarana prasarananya sudah sangat baik, jadi masyarakat tinggal datang dan tempatnya sangat nyaman," jelasnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA