Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Sosok Daniel Zhang, Tokoh Ulung Alibaba yang Gantikan Jack Ma

Rabu 11 Sep 2019 00:08 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Sosok Daniel Zhang, Tokoh Ulung Alibaba yang Gantikan Jack Ma. (FOTO: Alibaba)

Sosok Daniel Zhang, Tokoh Ulung Alibaba yang Gantikan Jack Ma. (FOTO: Alibaba)

Daniel Zhang bukanlah pemain baru dalam bisnis Alibaba.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Selasa (10/9/2019), Jack Ma resmi pensiun dini dari perusahaan buatannya, Alibaba. Kursi jabatannya sebagai chairman akan ia berikan kepada Daniel Zhang.

Daniel Zhang bukanlah pemain baru dalam bisnis Alibaba. Ia juga merupakan salah satu orang yang turut andil dalam kesuksesan Alibaba sejak tahun 2007.

Awal mulanya, Zhang menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) di Taobao, anak perusahaan Alibaba. Taobao merupakan situs lelang yang mirip eBay meletakkan fokus pada pemasaran barang elektronik.

Memasuki tahun 2008, Zhang beralih menjadi COO Taobao. Kemudian, di tahun 2011, ia menjabat sebagai Presiden Tmall, platform business to consumer (B2C) milik Alibaba.

Baca Juga: Besok Jack Ma Pensiun, Siapa Penggantinya?!

Jika Anda mengetahui tentang 11 November Shopping Festival (Single’s Day), festival belanja yang begitu populer di China untuk mereka yang masih lajang, Nah, festival tersebut merupakan cetusan dari Zhang. Namanya semakin dikenal usai menciptakan festival tersebut.

Sukses dengan sejumlah anak perusahaan membuat induk usaha, Alibaba Grop kepincut menarik pria yang dikenal dengan kelembutannya ini untuk bekerja di kantor pusat. Ia dipercaya menjabat sebagai COO Alibaba Group sejak 2013.

Baca Juga: Hari Ini Resmi Undur Diri, Jack Ma Gelar Pesta Perpisahan

"Sejak ia mengambil alih sebagai CEO, ia telah menunjukkan bakatnya yang luar biasa, ketajaman bisnis dan kepemimpinan yang teguh," puji Jack Ma, "di bawah kepemimpinannya, Alibaba telah melihat pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 kuartal berturut-turut."

Itulah alasan mengapa Jack Ma rela melepas perusahaannya dan memberikan kepercayaan kepada Daniel Zhang sebagai penerusnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA