Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Adu Gaya Kepemimpinan Elon Musk dan Jeff Bezos, Kamu Suka yang Mana?

Rabu 11 Sep 2019 04:11 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Adu Gaya Kepemimpinan Elon Musk dan Jeff Bezos, Kamu Suka yang Mana?. (FOTO: BBC)

Adu Gaya Kepemimpinan Elon Musk dan Jeff Bezos, Kamu Suka yang Mana?. (FOTO: BBC)

Elon Musk atau Jeff Bezos yang lebih asyik dalam kepemimpinan?

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Dua bos teknologi dunia, Jeff Bezos dan Elon Musk, merupakan dua pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan berbeda. Prinsip keduanya pun tak sama.

Bezos lebih mengutamakan pelanggan untuk meraih ambisinya (customer first), sedangkan Musk lebih mementikan teknologi (technology first). Sementara, itu dalam hal visi dan tujuan kedua pemimpin ini punya kekhasan tersendiri.

Melansir dari Forbes (10/9/2019), Musk dan Bezos berbeda dalam mengomunikasikan visi dan tujuan mereka. Musk sangat berani dan terbuka dalam menyuarakan tujuan usahanya. Sebaliknya, Bezos jauh lebih pendiam.

Baca Juga: wartaekonomi.co.id/read245781/jadi-pemimpin-paling-inovatif-jeff-bezos-vs-elon-musk-siapa-juaranya.html">Jadi Pemimpin Paling Inovatif, Jeff Bezos vs Elon Musk, Siapa Juaranya?

Perbedaan ini muncul karena jenis masalah yang mereka pilih untuk dipecahkan juga berbeda. Bezos lebih memilih sedikit berbicara dan banyak memperhitungkan kebutuhan pelanggannya. Ia lebih mengutamakan mengeksekusinya lebih cepat daripada pesaingnya. Untuk itu, ia jarang mengumumkannya sebelum produk itu meluncur.

Sebaliknya, Musk tengah mengejar terobosan teknologi. Ia menjadi berani mengungkapkannya ke publik untuk menarik perhatian dan pelanggan masa depan. Cara ini juga membantunya menarik sumber daya keuangan dan sumber daya manusia yang berbakat.

Baca Juga: Amazon Bukan Lagi Aset Terpenting Jeff Bezos

Tetapi perbedaan ini juga tampaknya berkaitan dengan gaya kepemimpinan pribadi. Ketika Musk meluncurkan SpaceX pada tahun 2002, ia mengumumkan: "Misi kami di SpaceX adalah untuk merevolusi teknologi ruang angkasa dengan tujuan akhir yang memungkinkan orang untuk hidup di planet lain."

Sebaliknya, Bezos diam-diam meluncurkan Blue Origin dua tahun sebelumnya pada tahun 2000 tanpa pengumuman ke publik. Bezos lebih memilih menguji dan belajar dengan tenang di bawah permukaan sebelum mengungkapkan apa yang telah ia temukan sebagai hasil dari upaya inovasinya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA