Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

KA Rail Clinic Sambangi Wilayah Banyumas

Selasa 10 Sep 2019 17:26 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Warga memeriksakan kesehatan di kereta kesehatan Rail Clinic milik PT KAI.

Warga memeriksakan kesehatan di kereta kesehatan Rail Clinic milik PT KAI.

Foto: Antara/Idhad Zakaria
Pada dua gerbong Rail Clinic, terdapat beberapa ruang layanan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Kereta api khusus layanan kesehatan Rail Clinic, kembali menyambangi stasiun di wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kali ini, KA Rail Clinic memberi pelayanan di stasiun Karangsari Kecamatan Cilongok.

Warga sekitar pun berbondong-bondong memanfaatkan layanan kesehatan KA tersebut, Selasa (10/9). ''Layanan kesehatan gratis dengan menggunakan KA Rail Clinic merupakan kegiatan CSR yang dilaksanakan PT KAI. Dalam kegiatan tersebut, kami juga memberikan penyuluhan mengenai keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api pada masyarakat sekitar,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto.

Menurutnya, KA Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang pembuatannya dilatarbelakangi keinginan PT KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Kegiatan layanan diutamakan bagi warga yang berada di sekitar jalur KA, dan yang relatif sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

''KA Rail Clinic yang memberi layanan kesehatan gratis stasiun Karangsari ini merupakan rangkaian Rail Clinic generasi keempat. Rangkaian KA ini terdiri dari empat gerbong KA dengan tenaga mesin diesel. Dari empat gerbong KA tersebut, dua gerbong difungsikan sebagai Rail Clinic sedangkan yang dua lagi difungsikan sebagai Rail Library,'' jelasnya.

Pada dua gerbong Rail Clinic, terdapat beberapa ruang layanan kesehatan antara lain untuk  pemeriksaan gigi, ruang kebidanan termasuk alat USG, ruang laboratorium sederhana, ruang pemeriksaan mata, dan ruang untuk apotek. Sedangkan di Rail Library terdapat beraneka ragam buku bacaan, dan juga tempat yang luas dan nyaman untuk membaca koleksi buku perpustakaan.

Sedangkan tim kesehatan yang ada di KA Rail Clinic, terdiri dari tiga dokter umum, satu dokter gigi, satu dokter spesialis kandungan, satu bidan, satu refraktionis optision, dua analis kesehatan, dua apoteker, serta  lima tenaga paramedis.

Dalam kegiatan pelayanan kesehatan gratis di Stasiun Karangsari, KA Rail Clinic  memberikan fasilitas pelayanan kesehatan primer. Antara lain, pemeriksaan oleh dokter umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, laboratorium, pemeriksaan kesehatan mata, penyuluhan kesehatan, dan keamanan perjalanan KA.

''Dalam acara di Stasiun Karangsari ini, PT KAI juga memberikan kacamata secara gratis untuk 50 siswa. Pembagian kacamata diberikan pada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksanaan di sekolahnya masing-masing,'' kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA