Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Aksi Sosial Pecinta Royal Enfiled di Pulau Dewata

Selasa 10 Sep 2019 14:35 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Hiru Muhammad

Jambore Internasional Royal Enfield 2019 di Pantai Melasti, Bali.

Jambore Internasional Royal Enfield 2019 di Pantai Melasti, Bali.

Foto: Republika/Erik Iskandarsjah Z
Aksi tersebut menekankan persahabatan, pelestarian budaya dan lingkungan hidup

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -— Komunitas pengguna motor Royal Enfield, Royal Riders Indonesia (RoRI) merupakan salah satu komunitas yang menaruh perhatian terhadap lingkungan.

Setelah pada April lalu RoRI melakukan kegiatan lingkungan di kawasan Pantai Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat, di penghujung Agustus lalu, komunitas tersebut melakukan aksi kepedulian lingkungan hidup di Pantai Melasti, Kabupaten Badung, Bali.

National President RoRI, Donny Hendaris mengatakan, kali ini kegiatan lingkungan itu dilakukan dengan bersih-bersih pantai. Kegiatan itu sendiri merupakan salah satu kegiatan utama dalam Jambore Internasional Royal Enfield 2019 yang digelar pada 24 hingga 25 Agustus lalu.  

“Kami memang selalu menyisipkan kegiatan lingkungan dalam setiap kegiatan. Sehingga, komunitas ini selain dapat berperan dalam mempererat tali persaudaraan, komunitas ini juga dapat berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan,” kata Donny kepada Republika saat dijumpai di sela Jambore Internasional Royal Enfield 2019.

Dalam kegiatan bersih-bersih pantai itu, para peserta jambore dan para pecinta motor dapat berperan dalam menekan jumlah sampah yang terdapat dalam pantai Melasti yang eksotik itu. Sehingga, pantai dengan air biru dan tebing yang menjulang itu dapat terlihat lebih bersih.

Selain kepedulian lingkungan, Jambore Internasional Royal Enfield 2019 itu juga diisi dengan kegiatan sosialdengan melibatkan puluhan anak yatim piatu. Aksi itu dilakukan dengan pembagian helm bagi anak yatim piatu. "Selain berperan dalam melestarikan lingkungan, kami juga dapat berkontribusi dalam menggalakan keselamatan berkendara," katanya. 

Seluruh kegiatan sosial dan kegiatan lingkungan itu sendiri dilakukan pada hari kedua dalam Jambore Internasional Royal Enfield 2019. Pada hari pertama, para peserta diajak untuk menikmati kebersamaan lewat sajian budaya, beragam hiburan serta bazar.

Kegiatan pada hari pertama juga diawali dengan bincang santai bersama dua orang pengendara Royal Enfield dari Amerika Serikat (AS) dan India. “Kedua pengendara ini telah berkendara di berbagai negara di dunia. Kami menghadirkan mereka agar dapat memberikan inspirasi bagi para peserta jambore,” kata Donny.

Kegiatan ini memang dikemas dengan menekankan tiga kunci utama. Pertama adalah persahabatan antar bangsa, kedua adalah pelestarian budaya Indonesia dan terakhir adalah pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan pada hari pertama itu sendiri dimulai pada pukul 09.00 WITA. Sebelum menuju Pantau Melasti, para peserta berkumpul terlebih dahulu di diler Royal Enfield Bali. Para peserta kemudian melakukan perjalanan menuju Pantai Melasti yang terletak di Kabupaten Badung.

Setelah melalui perjalanan sekitar 30 menit dengan berbagai medan mulai dari perkotaan dan tanjakan serta tikungan, ratusan peserta jambore pun mulai menikmati seluruh rangkaian acara pada hari pertama. Dalam sesi bincang santai, para peserta pun terlihat antusias untuk mendengar kisah perjalanan dari Jaull Loram (AS) dan Kedarnath (India).

Dalam kesempatan itu, Jaull Loram mengaku sangat senang malakukan perjalanan denhan menggunakan sepeda motor. Pria yang tinggal di San Fransisco itu pun mengaku sangat jatuh cinta dengan produk dari Royal Enfield.

Soal kedatanganya ke Bali, awalnya, ia mengetahui Bali dari sejumlah rekan-rekanya yang pernah berkunjung ke Bali. Hingga akhirnya, ia pun memutuskan untuk mengikuti jejak dari para rekan-rekanya itu untuk berkunjung ke pulau dewata.

Berbeda dengan teman-temanya yang datang ke Bali menggunakan pesawat, maka pecinta motor ini pun memutuskan untuk melakukan perjalanan udara dan dengan perjalanan darat menggunakan motor.

“Saya awali perjalanan dengan mengendarai motor ke Kanada. Lalu saya menggunakan pesawat menuju Jakarta. Setelah itu, saya kembali menggunakan motor hingga ke Bali,” kata Jaull.

Royal Riders Indonesia (RoRI) sendiri merupakan sebuah komunitas penggemar motor Royal Enfield yang didirikan pada tahun 2016. Komunitas ini memiliki lebih dari 600 anggota dan tersebar di berbagai chapter seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Bali dan Sulawesi Tenggara.

Dalam Jambore Internasional Royal Enfield 2019 ini, diikuti sekitar 500 orang peserta. Selain itu, kegiatan ini pun juga berhasil menarik perhatian dari sekitar 2 ribu pecinta otomotif yang turut hadir dalam menikmati rangkaian acara tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

Eric Iskandarsjah Z

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA