Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

SD Prestasi Global Peringati Muharram Day 1441 H

Senin 09 Sep 2019 07:33 WIB

Red: Irwan Kelana

Para siswa SD Prestasi Global Depok mengikuti acara Muharram Day 144` H.

Para siswa SD Prestasi Global Depok mengikuti acara Muharram Day 144` H.

Foto: Dok SD Prestasi Global
Muharram Day diisi dengan pawai, dongeng Islami dan santunan yatim.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- SD Prestasi Global menggelar peringatan Muharram Day 1441 H.  Acara tersebut  diadakan  Jumat (30/8).  Kegiatan yang mengusung tema “Mari berbagi dan mengasihi anak yatim sejak dini” itu diikuti oleh  siswa-siswi, guru, dan komite SD Prestasi Global.  

“Kegiatan  ini bertujuan untuk memperingati dan mengenalkan Tahun Baru  Islam  yang awalnya ditandai dengan peristiwa besar berupa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah. Selain itu juga untuk menumbuhkan sikap kepedulian terhadap  sesama  terutama anak yatim,”  kata Kepala Sekolah SD Prestasi Global, Mustofa SPdI saat membuka acara. 

Muharram Day diawali dengan pawai berkeliling  di  sekitar lingkungan sekolah, Jalan Palem, Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Kemudian dilanjutkan dengan   santunan  anak yatim dan  dongeng Islami  bersama kak Ade Bolang dari Dompet Dhuafa.

Mustofa mengemukakan, antusiasme siswa-siswi SD Prestasi Global sangat luar biasa. “Mereka begitu semangat mengikuti rangkaian acara demi acara, terutama ketika sesi mendongeng. Cerita Kak Ade begitu menyentuh karena dikemas apik menyadarkan siswa arti persahabatan  dan hijrah kepada kebaikan,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (7/9).

photo
Suasana Muharram Day 1441 H yang diadakan oleh SD Prestasi Global.
Dongeng yang disampaikan Kak Ade  menceritakan tentang persahabatan antara Saleh dan Jami. Akhir ceritanya  sangat menyedihkan. Sehingga,  membuat para siswa-siswi tersentuh dan tidak sedikit dari mereka yang menangis. “Sikap saling peduli dan menyayangi sesama teman harus ditumbuhkan sejak dini pada siswa-siswi agar tidak terjadinya bullying,” kata Kak Ade.

Dalam kegiatan Muharram Day ini,  SD Prestasi Global juga mengadakan santunan kepada 30 anak yatim.  Mereka merupakan siswa yatim SD Prestasi Global dan anak yatim yang tinggal di sekitar sekolah.  “Dengan dilaksanakannya kegiatan santunan yatim, sekolah mengharapkan agar siswa SD Prestasi Global memiliki rasa simpati dan empati terhadap anak yatim serta menyayangi dan mengasihi anak yatim,” ungkap Mustofa.

Ia menambahkan, “Kami  memberikan apresiasi yang baik bagi semua siswa dan orang tua siswa yang berpartisipas dalam acara ini.” 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA