Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Mancini: Level Kebugaran Finlandia Jauh Lebih Baik

Ahad 08 Sep 2019 23:30 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Roberto Mancini

Roberto Mancini

Foto: EPA-EFE/SERENA CAMPANINI
Penggawa Italia menjalani padatnya jadwal laga awal musim Serie A.

REPUBLIKA.CO.ID, TAMPERE -- Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, mengakui, kondisi kebugaran anak-anak asuhnya masih belum optimal. Kondisi ini dinilai dapat menjadi kendala kala Italia melakoni laga tandang ke markas Finalandia, di Stadion Tampere, dalam laga lanjutan babak kualifikasi Piala Eropa 2020, Senin (9/9) dini hari WIB nanti.

Kendati di laga terakhir, Italia mampu memetik kemenangan 1-3 atas Armenia, tapi Mancini mengungkapkan, anak-anak asuhnya masih memiliki kendala terkait kondisi kebugaran. Kondisi ini tidak terlepas dari padatnya jadwal di dua laga awal Serie A Liga Italia musim ini. Belum lagi dengan perjalanan panjang yang harus ditempuh dalam melakoni dua laga tandang ke markas Armenia dan Finlandia.

''Ada beberapa pemain yang telah kelelahan, dan saya mesti mengevaluasi kondisi mereka. Dengan jadwal padat di dua laga awal Liga Italia, dan perjalanan panjang antara dua laga ini (kontra Armenia dan Finlandia), semua kondisi ini tentu menguras energi tim,'' kata Mancini seperti dikutip Football Italia, Ahad (8/9) WIB.

Eks pelatih Manchester City itu mengakui, dilihat dari aspek kebugaran pemain, Finlandia dinilai memiliki skuat yang lebih bugar. Pasalnya, sejumlah pemain timnas Finlandia sudah lebih dulu menjalani musim kompetisi 2019/2020 lebih awal di klubnya masing-masing.

Baca Juga

''Artinya, dari level kebugaran, mereka jauh lebih bugar dari kami. Laga menghadapi mereka akan menjadi laga yang sulit. Mereka begitu solid dalam bertahan, tapi kami datang ke sini untuk meraih kemenangan,'' tegas Mancini.

Mancini memang patut mewaspadai Finlandia. Di empat laga terakhir Grup J, Finlandia tercatat terus meraih kemenangan dan tidak pernah kebobolan. Terakhir, Finlandia sukses membungkam juara Piala Eropa 2004, Yunani, 1-0, Jumat (12/9) dini hari WIB.

Tidak hanya itu, jika mampu menundukkan Italia di Stadion Tampere, maka Finlandia bakal menggeser Italia di puncak klasemen sementara Grup J babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Di sisi lain, kondisi itu juga menjadi motivasi buat Gli Azzurri. ''Laga ini penting buat kami guna menjaga peluang dan sesegera mungkin memastikan langkah ke putaran final Piala Eropa 2020,'' jelas Mancini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA