Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Pasukan Kurdi Dukung Zona Aman di Suriah

Rabu 04 Sep 2019 13:45 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

perbatasan turki dan suriah

perbatasan turki dan suriah

Foto: press tv
Turki diminta ikut menarik pasukan dari perbatasan Suriah-Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, DARBASIYAH -- Petinggi Kurdi mengatakan pembentukan 'zona aman' di timur laut Suriah awal yang baik untuk dimulai. Pasukan Kurdi yang didukung Amerika Serikat (AS) itu mulai menarik diri dari perbatasan Suriah-Turki. 

Namun, Ilham Ahmed dari Dewan Demokrasi Suriah mengatakan ketenangan hanya dicapai jika Turki juga menarik pasukannya dari sana. Pada Rabu (4/9), ia mengatakan rincian rencana zona aman itu masih dikerjakan. 

Pada bulan lalu, Ankara dan Washington sepaham tentang rencana tersebut. Hal itu diumumkan setelah Turki berulang kali mengancam akan menggelar serangan militer ke timur laut Suriah. 

Baca Juga

Ankara melihat pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi di Suriah perpanjangan tangan dari pemberontak Kurdi di Turki. Negara yang dipimpin Reccep Tayyep Erdogan itu memasukkan organisasi Kurdi sebagai kelompok terlarang. 

Ahmed mengatakan kesepakatan zona aman dapat memasukkan perjanjian patroli gabungan AS-Turki di sana. Pasukan yang dipemimpin Kurdi sudah menarik pasukannya. Dengan begitu, pengungsi Suriah yang mengungsi ke Turki dapat pulang ke rumah. 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA