Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Pelajar Tasik Diberi Pemahaman Tentang Mitigasi Bencana

Ahad 08 Sep 2019 21:00 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BPBD Tasikmalaya memberikan edukasi kebencanaan di sejumlah lembaga pendidikan.

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan desiminasi informasi kebencanaan di sejumlah lembaga pendidikan. Hal ini guna Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mitigasi bencana kepada generasi muda. 

Seperti halnya yang dilakukan di SMPN 1 Tanjungjaya dan SMPN 2 Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (5/9).

AYO BACA : Dua Pemuda Tasik Diringkus Saat Pesta Miras

Selain diberikan edukasi kebencanan, para siswa-siswi ini juga diajarkan cara melindungi diri jika terjadi gempa bumi atau bencana alam lainya. Tidak hanya teori di dalam kelas, tetapi mereka pun langsung melakukan simulasi penyelamatan dari bencana.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Anang Luqman, mengatakan lembaga pendidikan yang menjadi sasaran BPBD untuk desiminasi informasi kebencanaan di antaranya berada didaerah rawan bencana. Bencana itu mulai dari gunung api, gempa bumi, longsor, dan angin puting beliung.

AYO BACA : Belasan Hektare Lahan Perkebunan di Tasik Terbakar

"Para peserta yang ikut dalam pelatihan kemarin mendapatkan edukasi dan informasi mitigasi bencana, baik berupa materi mapun praktik lapangan," ujar Anang, Jumat (6/9/2019).

Anang menambahkan, kegiatan BPBD kali ini dilaksanakan di 5 titik lembaga pendidikan di sejumlah wilayah di Kabupaten Tasikmalaya. Melalui desiminasi informasi kebencanaan, BPBD ingin melibatkan generasi muda untuk paham akan kebencanaan, mengingat daya ingat para siswa-siswi ini masih bagus untuk kembali menyampaikan informasi kepada masyarakat.

"Desiminasi informasi kebencanaan yang dilaksanakan BPBD di lingkungan pendidikan diharapkan mampu mengurangi iesiko bencana.  Selain dirinya bisa selamat dari bencana, tetap mereka juga mampu menyelamatkan orang-orang di sekitarnya," kata Anang.

AYO BACA : 3 Orang Luka-luka Akibat Truk Kontainer Tabrak Rumah di Gentong

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA