Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

PLN Beri Pemasangan Listrik Gratis Buat Warga Mentawai

Kamis 05 Sep 2019 18:09 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Dwi Murdaningsih

Petugas PLN saat melakukan pengecekan instalasi jaringan listrik di pemukiman padat penduduk, Tambora, Jakarta, Kamis (22/8).

Petugas PLN saat melakukan pengecekan instalasi jaringan listrik di pemukiman padat penduduk, Tambora, Jakarta, Kamis (22/8).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bantuan dari PLN ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Mentawai

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Barat memberikan bantuan kepada warga di tiga desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yakni di Desa Saliguma, Desa Madobag dan Desa Matotonan. General Manager PLN Sumbar, Bambang Dwiyanto mengatakan bantuan yag diberikan PLN adalah pemasangan baru listrik secara gratis untuk 1.233 kepala keluarga di Desa Saliguma, Desa Madobag dan Desa Matotonan.

"Kami berharap dengan CSR ini, dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat warga di Desa Saliguma, Matotonan dan Madobag," kata Bambang di Padang, Kamis (5/9).

Pemberian bantuan ini dilakukan di Aula PLN UIW Sumbar di Jalan Doktor Wahidin No. 8 Padang. Bantuan dengan nilai total RP 400 juta ini diserahkan Bambang kepada kepala desa terkait di hadapan Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dan Ketua DPRD Kabupaten Mentawai, Nelsen Sakerebau.

Bambang berharap bantuan dari PLN ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa Saliguma, Desa Madobag dan Desa Matotonan. Salah satunya dengan medorong kegiatan pariwisata agar roda perekonomian warga menjadi lebih hidup.

Dengan bantuan pemasangan baru gratis ini, PLN Sumbar mengeklaim rasio desa berlistrik di Kabupaten Kepulauan Mentawai semakin meningkat.

Selain penyerahan bantuan pemasangan listrik gratis ini juga dilaksanakan
penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik(PJBTL)  excess power Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) dan perjanjian kerjasama operasi jaringan distribusi antara Perusahaan Daerah Kemakmuran Mentawai dengan PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat.

Tiga PLTBm di Pulau Siberut dengan total kapasitas 700 kW tersebut diprediksi akan mampu meningkatkan rasio elektrifikasi di Kepulauan Mentawai. Dengan adanya PLTBm Saliguma, Madobag dan Matotonan menurut Bambang akan meningkatkan rasio elektrifikasi Kepulauan Mentawai sekitar 4,80 persen. Sehingga rasio elektrifikasi total akan meningkat dari 56,41 persen menjadi 61,48 persen.

Kedepannya PLN kata Bambang juga berencana untuk mengoptimalkan keberadaan PLTBm tersebut dengan interkoneksi ke PLTD yang ada di Peipei maupun Meileppet.

"Hanya saja diperlukan dukungan dan kerjasama dengan Pemda perihal infrastruktur jalan," ucap Bambang.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA