Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Mendes PDTT Tinjau Persiapan Sail Nias 2019

Rabu 04 Sep 2019 20:46 WIB

Red: Gita Amanda

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasona laoli meninjau persiapan event Sail Nias 2019.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasona laoli meninjau persiapan event Sail Nias 2019.

Foto: Kemendes
Perhelatan ini secara langsung memberi dampak signifikan terhadap ekonomi rakyat.

REPUBLIKA.CO.ID, NIAS SELATAN -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasona laoli meninjau persiapan event Sail Nias 2019 yang puncaknya dipusatkan di Pelabuhan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara pada Sabtu (14/9).

Baca Juga

Dalam tinjauannya, Eko mengatakan masih terdapat sejumlah kendala di lokasi acara terkait infrastruktur yang masih belum rampung karena faktor alam. Namun, dipastikan semua bisa teratasi. "Yang jelas, setiap ada kendala kita minta dipercepat untuk diperbaiki," katanya seperti dalam siaran pers.

"Masih ada yang becek dan terus dilakukan pengurukan dan pengerasan batu di lokasi acara. Tapi, dengan kerja gotong royong, semuanya akan rampung sebelum puncak acaranya berlangsung," katanya.

Lebih lanjut Eko menyampaikan, terkait akomodasi seperti penginapan dan fasilitas lainnya baik untuk peserta maupun pengunjung atau tamu undangan yang datang ke event Sail Nias 2019. "Di Nias sudah ada penginapan. Bahkan, pemerintah kabupaten akan mempersiapkan rumah-rumah warga untuk dijadikan homestay. Yang jelas, kami akan terus dorong agar Sail Nias ini berjalan dengan sukses," katanya.

Mengenai perhelatan Sail Nias 2019, Eko menuturkan perhelatan ini secara langsung dapat memberi dampak signifikan terhadap pengembangan ekonomi rakyat. Apalagi, kehadiran para peserta tidak berhenti pada bulan ini saja, tetapi berkesinambungan untuk kedepannya.

"Kunjungan yang melonjak tentunya akan mendongkrak perekonomian dan nantinya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nias secara signifikan.

Diharapkan event ini akan membawa nama baik nias dan dapat turut mempromosikan nias kedaerah-daerah lainnya sehingga bisa berlanjut sebagai awal dari percepatan pembangunan," katanya.

Perlu diketahui, bahwa dalam Sail Nias 2019 rencana akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada acara puncak pada Sabtu (14/9). Sedikitnya 500 penari Tari Fataele atau Tari Perang siap memeriahkan acara puncak Sail Nias sekaligus sebagai tarian penyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.

Selama acara Sail Nias berlangsung terdapat sejumlah kegiatan diantaranya yakni Festival Lompat Batu Sekepulauan Nias, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi , Kuliner, dan Wonderful Foto Tourism Expo, Fishing Tournament Sail Nias, Free Diving Competition, Wind Surfing dan Sailing.

Tidak itu saja, terdapat sejumlah rangkaian kegiatan lainnya yakni Wonderful Nias Expo 2019, Kejuaraan Surfing International, Pagelaran Budaya dan Kesenian Kolosal, dan Bakti Sosial Surya Baskara Jaya TNI AL.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA