Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Kegiatan Sekolah di Jayapura Aktif Kembali Hari Ini

Kamis 05 Sep 2019 04:00 WIB

Red: Ani Nursalikah

Suasana halaman SD Hikma Yapis I di Kota Jayapura, Papua, Senin (2/9/2019)

Suasana halaman SD Hikma Yapis I di Kota Jayapura, Papua, Senin (2/9/2019)

Foto: Antara/Zabur Karuru
Kegiatan belajar-mengajar diliburkan sekitar sepekan karena kerusuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano meminta Dinas Pendidikan mengaktifkan lagi kegiatan sekolah mulai Kamis (5/9). Kegiatan belajar-mengajar diliburkan sekitar sepekan menyusul demonstrasi yang diwarnai kerusuhan pada 29 Agustus 2019.

"Saya sudah meminta Kadis Pendidikan Kota Jayapura memberitahukan kepada kepala sekolah agar kegiatan belajar mengajar kembali diaktifkan," katanya di Sentani, Rabu (4/9).

Ia mengatakan kegiatan belajar-mengajar di sekolah sudah bisa diaktifkan lagi karena situasi keamanan di Jayapura kini sudah benar-benar kondusif. Benhur meminta warga tidak khawatir atau takut beraktivitas, apalagi aparat keamanan sampai sekarang masih berjaga-jaga di bagian-bagian kota.

"Mudah-mudahan kondisi seperti ini dapat terus dipertahankan sehingga seluruh warga dapat beraktivitas tanpa diliputi ketakutan," katanya.

Pada 29 Agustus, massa berdemonstrasi di Jayapura menentang tindakan rasialis terhadap mahasiswa Papua. Demonstrasi itu diwarnai dengan aksi perusakan dan pembakaran.

Menurut data Kepolisian Daerah Papua, kerusuhan yang terjadi dalam demonstrasi itu antara lain menyebabkan kerusakan kantor pemerintah, kantor bank, kantor perusahaan, rumah makan, toko, kios, kendaraan warga, mal, dealer mobil, dan anjungan tunai mandiri. Sejak Senin (2/9), situasi keamanan di Jayapura sudah kembali kondusif dan warga mulai beraktivitas sebagaimana biasa. Namun, aparat TNI dan Polri terlihat masih berjaga-jaga di beberapa bagian Kota Jayapura.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA