Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Muharram, Santri Al Falah Riau Doakan Keselamatan Bangsa

Selasa 03 Sep 2019 20:41 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Zikir dan munajat kepada Allah (ilustrasi).

Zikir dan munajat kepada Allah (ilustrasi).

Foto: alifmusic.net
Doa digelar dalam memperingati 1 Muharram 1441 H.

REPUBLIKA.CO.ID,  KAMPAR— Seratusan santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Al-Falah Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Selasa (3/9) menggelar muhasabah dan doa bersama dalam menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriyah.

Baca Juga

"Muhasabah dan doa bersama digelar untuk lebih mendekatkan santri kepada Allah SWT, sehingga mereka tertuntun untuk menjadi insan-insan yang bertakwa," kata Kepala Ponpes Al-Falah Indra Rangkuti dalam keterangannya di Kampar, Selasa.

Menurut Rangkuti, peringatan tahun baru Islam yang bertema "Dengan Semangat Tahun Baru Islam Kita Tingkatan Ukhuwah Islamiah dan Kepedulian Sosial Antara Sesama Umat" ini, digelar sekaligus memberikan pemahaman pada santri agar mereka tahu sejarah hijrahnya Rasulullah SAW.

Tahun baru Hijriyah, kata dia, adalah salah satu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada 622 Masehi.

Peristiwa bersejarah itu, katanya, terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah, namun tahun hijrah Rasulullah SAW dari Makah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah.

"Kalender Hijriyah secara resmi belum dimulai ketika zaman Rasulullah SAW dan kalender ini hanya dimulai pada zaman Umar bin Khatab," tambah Rangkuti.

Oleh karena itu, katanya, memperingati tahun baru Hijriyah, sekaligus menjadi momen untuk mengenangkan betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, santri dan keluarga besar Ponpes bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dengan tekad tahun ini harus lebih baik dari pada tahun kemarin dan jayalah Al-Falahku," katanya.

Sementara itu masih di Kabupaten Kampar, yakni Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tambang, menggelar Tabligh Akbar dengan menghadirkan Ustaz Suwandi, pemenang Aksi Indosiar 2019 peringkat kedua. 

"Tabligh akbar digelar bekerja sama dengan Majelis Guru MDTA, murid-murid MDTA, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Tambang dan pengurus Masjid Darul Huda, Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang," kata Kepala KUA Kec Tambang,  Damirus. 

 

 

 

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA