Rabu 04 Sep 2019 00:07 WIB

Menristekdikti Tindak Tegas Pelaku Kekerasan Ospek di Kampus

Ospek telah dilarang di dunia pendidikan tinggi Indonesia.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir
Foto: Republika/Fakhri Hermansyah
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengaku akan melakukan penindakan tegas terhadap pelaku kekerasan dalam kegiatan Ospek. Sebab, tindakan tersebut bagaimana pun juga telah dilarang di dunia pendidikan tinggi Indonesia.

Dibanding melakukan kekerasan, kampus sebaiknya memberikan pengenalan tentang fasilitas dan manajemen kepada para mahasiswa baru. Bisa juga pemahaman tentang kebangsaan dan bela negara yang telah didorong sejak beberapa tahun terakhir. Dengan demikian, pandangan radikalisme dan intoleransi dapat dibersihkan.

"Dan kalau terjadi (kekerasan), maka harus ditindak contohnya seperti di Ternate," kata Nasir kepada wartawan di Universitas Negeri Malang (UM), Selasa (3/9).

Sebelumnya, masyarakat dibuat geger adanya video aksi perundungan mahasiswa baru di salah satu kampus Ternate. Di video tersebut terlihat peserta Ospek diminta untuk minum air lalu dimuntahkan kembali ke dalam gelas. Air hasil muntahan tersebut lalu diberikan kepada peserta lainnya. Selain itu, peserta juga diminta untuk berjalan jongkok oleh para seniornya.

Terkait tindakan tersebut, Nasir mengklaim, pihaknya telah memerintahkan kampus untuk tak lagi melakukan aksi perundungan. "Harus diberikan sanksi sesuai dengan peraturan akademik mereka," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement