Selasa 03 Sep 2019 15:53 WIB

JK: Dunia Pendidikan Harus Melampaui Zaman

JK menekankan supaya dunia pendidikan harus melampaui zaman

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat diwawancarai wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (27/8).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat diwawancarai wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (27/8).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyebutkan institusi pendidikan harus mendidik para murid dengan bekal ilmu yang dapat dipakai selama puluhan tahuh ke depan. JK menekankan supaya dunia pendidikan harus melampaui zaman supaya anak didik yang ditamatkan dapat terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

"Pendidikan itu harus melampaui zamannya. Biar ilmunya bermanfaat puluhan tahun ke depan," kata JK saat Peresmian rumah susun dan ruang kelas baru Pesantren Modern Terpadu Prof DR Hamka II di Kota Padang, Selasa (3/9).

JK mencontohkan pendidikan yang dialami generasinya tentu tidak sama dengan generasi sekarang. Tapi orang-orang dahulu telah diwanti-wanti agar siap menyongsong dan beradaptasi dengan dunia baru yang terus muncul. Hal yang sama kata JK juga harus diterapkan sekarang. Pendidikan yang diberikan kepada generasi muda harus membuat mereka mampu bertahan untuk tidak ketinggalan dengan perubahan.

JK menyebutkan zaman terus berubah dari masa ke masa seiring perkembangan dan kemajuan teknologi setiap saat. Menurut politikus senior Partai Golkar tersebut, kemajuan dan perkembangan teknologi manuntut supaya tenaga pengajar atau guru juga harus memacu diri untuk terus belajar. Supaya para guru tidak ketinggalan informasi dari murid-muridnya sendiri.

"Zaman sekarang bisa jadi muridnya lebih duluan tahu dari pada gurunya karena semua jawaban sudah ada di google," ujar JK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement