Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Aktivis Muda Amerika Latin Gelar KTT Perubahan Iklim

Senin 02 Sep 2019 04:12 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andri Saubani

[ilustrasi] Aktivis perubahan iklim Greta Thunberg (16 tahun) saat konferensi pers di Plymouth, Inggris, Rabu (14/8). Thunberg menginspirasi gerakan aktivis muda di Cile.

[ilustrasi] Aktivis perubahan iklim Greta Thunberg (16 tahun) saat konferensi pers di Plymouth, Inggris, Rabu (14/8). Thunberg menginspirasi gerakan aktivis muda di Cile.

Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Santiago, Cile akan menjadi tuan rumah konferensi COP 25.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN JOSE DE MAIPO - Terinspirasi oleh aktivis iklim remaja Swedia, Greta Thunberg, sekelompok aktivis muda dari beberapa negara Amerika Latin telah berkumpul di Cile untuk bertukar pikiran tentang cara memerangi perubahan iklim. Di daerah pegunungan di pinggiran Santiago, perwakilan Argentina, Bolivia, Cile, Kosta Rika, Kolombia, Ekuador, Meksiko, Peru, Paraguay, dan Uruguay bertukar gagasan untuk tindakan guna menekan perubahan dalam kebijakan negara mereka.

"Tujuan kami di sini adalah untuk memungkinkan mereka sehingga mereka memiliki lebih banyak alat, lebih banyak kemungkinan untuk membuat gerakan yang lebih kuat, gerakan dengan dampak lebih besar untuk mengatasi krisis iklim," kata Ilan Zugman dari organisasi 350.org, dilansir di Reuters, Senin (2/9).

Kelompok ini memilih ibu kota Cile karena akan menjadi tuan rumah konferensi perubahan iklim COP 25 pada bulan Desember. Kelompok sekitar 20 orang mengatakan mereka terinspirasi oleh Thunberg, yang baru-baru ini berlayar ke Pelabuhan New York dengan kapal emisi karbon nol.

Selain KTT Aksi Iklim AS di New York, Thunberg diperkirakan akan menghadiri konferensi perubahan iklim COP 25 di Cile , dengan rencana untuk menuju ke sana tanpa menggunakan perjalanan udara. Kelompok di Cile mengatakan mereka fokus pada aspek-aspek tertentu dari pertempuran melawan perubahan iklim, termasuk polusi laut dan energi bersih.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA