Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Mahasiswa Diminta Berpikir Strategis di Era Digital

Sabtu 31 Aug 2019 02:03 WIB

Red: Agung Sasongko

Laboratorium Prodi Ilmu Komunikasi

Laboratorium Prodi Ilmu Komunikasi

Foto: Istimewa
Mahasiswa dituntut miliki softskill dan hardskill.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Praktisi PR dari BULOG, Benny Siga Butarbutar menilai, kehadiran prodi Ilmu Komunikasi akan mendorong mahasiswa untuk berpikir strategis di era digital serta mempersiapkan menjadi pemimpin yang memiliki kemampuan. 

"Tidak hanya dalam hal pengetahuan, melainkan juga kepribadian, dan kapasitas hard skill dan soft skills," kata dia dalam siaran persnya, Jumat (30/8).

Seperti diketahui Prodi Komunikasi biasanya memiliki laboratorium komunikasi guna mendukung fasilitas belajar mahasiswa. Kepala Prodi Ilmu Komunikasi UAJ, Dr. Dorien Kartikawangi menilai, kehadiran laboratorium Komunikasi sebenarnya disiapkan sejak awal ketika rencana strategis pembukaan prodi itu dimulai. Jadi, laboratorium ini akan menjadi bagian yang kita siapkan untuk mendukung fasilitas belajar di prodi ilkom.

“Dengan memiliki tiga laboratorium ini tentu kita mengharapkan bahwa mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi bisa lebih memahami tentang media itu sendiri dan karakteristiknya. Kedepannya tidak hanya prodi ilmu komunikasi saja yang dapat menggunakan lab ini, tetapi prodi lain di Unika Atma Jaya bahkan masyarakat atau industri lain diluar UAJ,"jelas Dr. Dorien.

Sebelumnya, Unika UAJ meresmikan laboratotium praktik dengan fasilitas memadai di Kampus 3 BSD, Jumat (23/8). Laboratorium yang terletak di lantai 6 Gedung Anex ini terdiri dari laboratoirum TV, laboratoirum Radio, dan laboratoirum Fotografi. 

Rektor UAJ, Dr. Agustinus Prasetyantoko berharap fasilitas ini dapat menunjang pembelajaran serta menjadi sarana dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa di Prodi Ilmu Komunikasi.

“Dengan adanya laboratorium komunikasi, maka lengkap menjadi fasilitas yang secara resmi dimiliki oleh Prodi Komunikasi. Oleh karena itu, kami akan meningkatkan performa yang lebih baik ke depan,” kata Dr. A. Prasetyantoko.

Sebelumya, kata dia, laboratoirum Radio sudah dapat digunakan untuk mendukung perkuliahan, secara umum sejak 2018. Disusul tahun 2019 ini, laboratoirum Fotografi dan laboratorium TV sudah dapat mendukung proses.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA