Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Bupati Bandung Dukung Pemindahan Ibu Kota Jabar ke Tegalluar

Jumat 30 Aug 2019 23:13 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Bupati Bandung H Dadang M Naser memberikan arahan kepada Tim Satgas Saber Pungli di Gedung Mohamad Toha, Kabupaten Bandung, Kamis (22/12).

Bupati Bandung H Dadang M Naser memberikan arahan kepada Tim Satgas Saber Pungli di Gedung Mohamad Toha, Kabupaten Bandung, Kamis (22/12).

Foto: Gunadi PM/REPUBLIKA
Tegalluar dinilai cocok jadi Ibu Kota karena menjadi TOD Kereta Cepat Bandung-Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Bupati Bandung, Dadang M Naser mendukung langkah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang akan memindahkan ibu kota Jawa Barat. Salah satu lokasi yang dimunculkan adalah di Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. 

"Saya dukung rencana gubernur," ujarnya, Jumat (30/8). Ia mengatakan, kawasan Tegalluar menjadi salah satu daerah strategis sebab wilayah yang menjadi Transport Oriented Development (TOD) oleh kereta cepat Bandung-Jakarta. 

Meski begitu, menurutnya pemindahan ibu kota Jawa Barat bukan barang baru. Sebab sebelumnya pernah muncul wacana pemindahan ibu kota atau pusat pemerintahan ke Walini, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga

"Dulu juga rencana dipindahkan ke Walini karena akan dibangun pool-nya KCIC. Jadi Bandung-Jakarta lebih dekat," ungkapnya. Katanya, dengan pemindahan tersebut maka Gedung Sate bisa menjadi obyek wisata heritage.

Dadang mengatakan apabila Gedung Sate dirawat dan dibenahi maka akan mengundang masyarakat untuk datang. Ia mengatakan jika terealisasi maka diharapkan Gubernur Jabar bisa membebaskan lahan minimal 50 hektar.

Sebab katanya, TOD kereta cepat Bandung-Jakarta sendiri sudah memakan lahan 400 hektare. Terkait wilayah Tegalluar yang berada dalam cekungan Bandung dan sering banjir. Dadang menyebutkan akan dibuat rekayasa jika pemindahan terlaksana. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA