Jumat 30 Aug 2019 15:33 WIB

BMW X6 Coupe Vantablack, Mobil Terhitam di Dunia

Cat surrey nano system mampu menyerap 99 persen cahaya dan membuatnya sangat hitam.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
BMW X6 Coupe Vantablack
Foto: Instagram @bmw
BMW X6 Coupe Vantablack

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrikan mobil Jerman, BMW, telah merilis satu versi dari X6 coupé. Mereka merilisnya dengan memberikan cat versi Surrey NanoSystem, Vantablack.

Dilansir dil laman creativebloq, Jumat (30/8), cat Vantablack itu menggambarkan kesan hitam paling hitam di dunia. Pigmen, yang menyerap lebih dari 99 persen cahaya, tampak memukau pada mobil dan tampak meratakan tubuhnya menjadi bentuk dua dimensi.

Baca Juga

Pigmen ini dapat mempengaruhi persepsi orang-orang yang melihatnya. Mobil ini adalah contoh sempurna dari hal itu, karena memantulkan cahaya yang sangat sedikit,

Agen kreatif Levitation 29 bekerja sama dengan penemu teknologi Vantabalck, Surrey NanoSystems, untuk mengembangkan versi cat, yang disebut VBx2. Versi cat ini dapat disemprotkan ke mobil. Menurut BMW, mobil ini adalah kendaraan pertama dan satu-satunya di dunia yang disemprot dengan lapisan Vantablack.

Perihal Vantablack sendiri, sebenarnya telah menuai berbagai kontroversi; Salah satunya, artis Anish Kapoor memiliki hak eksklusif untuk pigmen tersebut. Namun demikian, VBx2 dapat mengatasi perihal iini dengan menggunakan bahan yang sedikit berbeda.

"Kami menyadari bahwa itu tidak akan berhasil jika kami akan menggunakan materi Vantablack asli, karena pemirsa akan kehilangan semua rasa tiga dimensi," kata penemu Vantablack dan pendiri Surrey NanoSystems, Ben Jensen, dalam sebuah pernyataan. .

Menurutnya, cat warna itu  bekerja dengan sangat baik karena ukuran mobil. Penyemprotan cat pada mobil itu sesuai dengan bentuknya yang khas sehingga membuat mobil itu semakin memngagumkan. "VBx2 dengan pantulan satu persennya hanya memberikan sedikit bentuk,” jelas dia.

BMW Vantablack X6 akan diluncurkan di Frankfurt Motor Show, September mendatang. Para peserta dalam ajang itu, juga akan dapat melihat peluncuran logo flat baru VW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement