Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Yogyakarta Pesimistis Kunjungan Wisman Naik

Kamis 29 Aug 2019 15:43 WIB

Red: Nora Azizah

Bandara Internasional Yogyakarta (BIY)

Bandara Internasional Yogyakarta (BIY)

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Jumlah wisman bisa naik bila BIY langsung melayani penerbangan internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X pesimistis target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) akan tercapai pada 2020 bila Yogyakarta Internasional Airport atau Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo belum melayani penerbangan internasional.

Sri Sultan di Kulon Progo, Kamis, mengatakan sampai saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di DIY baru mencapai 400.000 orang.

"Kalau target wisatawan mancanegara akan sulit tercapai, kecuali Bandara Internasional Yogyakarta sudah melayani penerbangan internasional dan jumlah penerbangan banyak, baru target wisman akan terealisasi," kata Sultan usai kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Bandara Internasional Yogyakarta.

Sultan mengatakan Pemda DIY sedang merumuskan pengembangan pariwisata dalam menangkap peluang masuknya wisatawan dalam negeri dan luar negeri setelah Bandara Internasional Yogyakarta beroperasi.

"Pengembangan pariwisata tidak hanya bicara Yogyakarta, tapi Joglosemar (Yogyakarta, Solo dan Semarang), sehingga infrastruktur harus dipenuhi," kata Sri Sultan.

Sebelummya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Bandara Internasional Yogyakarta segera melayani penerbangan internasional supaya wisatawan mancanegara banyak berkunjung di DIY dan Jateng.

"Yang terpenting tambahan slot yang sangat besar itu akan kita berikan kepada penerbangan luar negeri, sehingga makin banyak turis yang datang ke Indonesia khususnya Yogyakarta dan sekitarnya," kata Jokowi.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA