Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Bandara Baru Yogyakarta Sanggup Tampung 20 juta Penumpang

Kamis 29 Agu 2019 12:02 WIB

Red: Nora Azizah

Bandara Internasional Yogyakarta (BIY)

Bandara Internasional Yogyakarta (BIY)

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
20 juta penumpang sanggup ditampung dalam satu tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mampu menampung hingga 20 juta penumpang per tahun.

"Ya ini betul betul sebuah bandara yang sangat besar, terminalnya 219 ribu meter persegi. bisa menampung 20 juta penumpang per tahun," kata Presiden Jokowi usai meninjau pembangunan terminal keberangkatan internasional bandara itu, Kamis (29/8).

Ia menyebutkan jumlah itu meningkat drastis dibanding bandara lama (Bandara Adisutjipto) yang hanya mampu menampung 1,8 juta penumpang per tahun.

"Lompatannya berapa kali dari 1,8 menjadi 20 juta. Jadi bayangkan. Ini akan diselesaikan Desember kemudian plus nanti dihubungkan dengan kereta, selesai Maret, Lebaran sudah bisa operasi full 100 persen," katanya.

Presiden juga menyebutkan bandara itu akan terkoneksi dengan semua moda trabsportasi, kereta, dan tol.

"Itu akan terkoneksi semuanya, dan yang terpenting tambahan slot yang sangat besar itu akan kita berikan kepada penerbangan luar negeri sehingga makin banyak turis yang datang ke Indonesia khususnya Yogyakarta dan sekitarnya," katanya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA