Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Memilih Car Seat yang Tepat

Selasa 27 Aug 2019 13:26 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Car seat untuk bayi

Car seat untuk bayi

Foto: newparentgear.com
Jangan biarkan buah hati tidak nyaman duduk di dalam mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membeli Car seat umumnya menjadi salah satu investasi pertama yang dipersiapkan calon orang tua yang memiliki mobil. Dengan memilih car seat yang tepat, kegiatan berkendara mobil bersama buah hati akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Menurut aturan yang berlaku, bayi ataupun anak kecil perlu didudukkan pada kursi khusus yang telah disesuaikan saat berkendara dengan mobil. Aturan ini berlaku hingga anak mencapai tinggi badan 135 sentimeter atau usia 12 tahun. Anak yang sudah mencapai tinggi badan lebih dari 135 sentimeter atau usia lebih dari 12 tahun dapat duduk di kursi mobil dan mengenakan sabuk pengaman biasa.

Memilih car seat yang tepat untuk bayi dan anak kecil perlu dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan. Berikut ini adalah lima hal yang perlu diketahui sebelum memilih dan membeli car seat seperti dilansir Independent.

Baca Juga



Sesuaikan Dengan Usia dan Berat Badan

Salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan orang tua adalah menyesuaikan usia atau berat badan anak dengan jenis car seat yang akan digunakan. Secara umum, car seat dipasarkan berdasarkan kelompok angka mulai dari Grup 0 hingga Grup 3.



Jenis Car Seat

Ada beragam jenis car seat yang bisa ditemukan orang tua dengan mudah di pasaran. Salah satu jenis car seat yang paling umum adalah rear-facing car seat atau car seat yang menghadap ke bagian kaca belakang mobil. Kemudian ada forward-facing car seat untuk anak yang sudah lebih besar, dan car seat kombinasi. 

 

 

photo
Car Seats (display)


Mempertimbangkan Harga

Harga jual car seat sangat bervariasi, mulai dari yang sangat murah hingga sangat mahal. Sebelum membeli, orang tua sebaiknya membaca ulasan mengenai varian car seat yang diminati dan pertimbangkan harga dengan masa pakai car seat. Car seat yang terlalu murah mungkin akan cepat rusak sehingga harga tidak selalu menjadi patokan.


Jangan Lirik yang Bekas

Car seat bekas pakai atau preloved mungkin memiliki harga jual yang lebih murah. Akan tetapi, orang tua sebaiknya tidak membeli car seat bekas karena riwayat penggunaannya tidak diketahui. Mungkin saja car seat bekas tersebut pernah berada dalam mobil yang kecelakaan sehingga kondisinya sudah kurang baik dan kurang aman untuk anak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA