Senin 26 Aug 2019 16:31 WIB

Teknologi Digital di Balik Desain Bugatti Centodieci

Desain Centodieci berproses selama enam bulan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Bugatti Centodieci
Foto: youtube/vimeo.com
Bugatti Centodieci

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrikan asal Prancis, Bugatti, belum lama ini mempersembahkan Centodieci yang dikelola terbatas pada acaranya yang eksklusif. Dilansir di laman engadget, Senin (26/8), kendaraan ini memiliki mesin 8,0 liter w16 (16 silinder), yang menghasilkan 1.600 tenaga kuda yang menjatuhkan rahang dan torsi 1.180 pon-kaki.

Kendaraan ini bisa memacu kecepatan dari nol hingga 62 dalam 2,6 detik. Berbicara produksinya yang terbatas, kendaraan ini hanya diciptakan 10 unit saja di dunia dan dibanderol 19 juta dollar Amerika Serikat.

Baca Juga

Dengan harga tersebut membuat Bugatti Centodieci menjadi mobil termahal di dunia. Menurut Direktur Desain, Achim Anscheidt, ukurannya yang kecil itu memungkinkannya untuk membangun kendaraan yang sangat terbatas.

Anscheidt menciptakan mobil-mobil ini dengan desain digital. Desain Centodieci dimulai hanya enam bulan yang lalu. Oleh sebab itu, prosesnya lebih cepat karena kehadiran teknologi digital.

Anscheidt mengatakan, sekarang, dia dapat memakai kacamata VR dan melihat kendaraan dengan cara yang tidak bisa dia lakukan dengan tanah liat.  Dia dapat memutarnya perlahan, menukar lensa untuk tampilan yang berbeda, dan pada dasarnya mendapatkan 80 persen pekerjaan desain dilakukan di sana.

Sementara sebagian besar pembuat mobil telah mengadopsi desain 3D digital. Akan tetapi mereka lambat untuk menghapus langkah model tanah liat.

"Ini jauh lebih cepat, lebih efektif, lebih realistis, dan jauh lebih ekonomis daripada zaman dulu," kata Anscheidt. Tetapi Bugatti masih membangun model fisik sehingga masih ada barang nyata untuk disentuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement