Senin 26 Aug 2019 08:35 WIB

UI Bantu Penguatan Literasi Siswa Pandeglang Korban Tsunami

Penguatan literasi untuk memotivasi siswa terdampak tsunami.

Tim DRPM UI tengah melakukan pendampingan literasi
Foto: Dok Istimewa
Tim DRPM UI tengah melakukan pendampingan literasi

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG— Tim Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI), mengadakan aksi pengabdian masyarakat di

Kegiatan yang berjudul “Pemulihan Trauma pada Anak-Anak Pascabencana dengan Menumbuhkan Budaya Literasi di Desa Ujung Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang” ini bertujuan untuk menumbukan dan meningkatkan semangat anak-anak yang terdampak bencana tsunami pada Desember 2018 dan gempa Banten yang baru-baru ini terjadi dengan metode literasi. Kegiatan berlangsung pada Rabu (21/8)

Baca Juga

Ketua tim pelaksana, Wiwin Triwinarti, mengatakan Pengmas ini merupakan salah satu bentuk rasa empati dan kepedulian  keluarga besar akademika UI terhadap bencana tsunami dan gempa Banten, khususnya di Kecamatan Sumur.   

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan program ini, pihaknya dibantu  enam mahasiswa Progam Studi Arab Fakutas Ilmu Bahasa UI. Para mahasiswa melakukan pembacaan buku cerita kepada anak-anak kelas empat hingga enam SDN Ujung Jaya 1.  

Menurut Wiwin, keterlibatan mahasiswa dinilai penting untuk mengasah kepedulian pada masyarakat serta dapat berbagi keceriaan dengan murid-murid SDN Ujung Jaya 1. 

“Kegiatan tersebut diharapkan dapat menghibur anak-anak agar pulih dari trauma pascabencana sekaligus menanamkan kecintaan mereka terhadap budaya literasi, khususnya membaca,” kata dia kepada Republika.co.id di Jakarta, Senin (26/8).

Guru SDN Ujung Jaya 1 sekaligus warga Desa Ujung Jaya, Euis Nasyithah, mengapresiasi program ini. Menurut Euis, Desa Ujung Jaya merupakan salah satu wilayah terdampak tsunami yang belum mendapatkan bantuan dari pihak mana pun pascabencana tsunami dibandingkan desa-desa tetangga di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. 

photo
Tim DRPM UI berpose dengan keluarga besar SDN Ujung Jaya 1, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Sementara itu siswa dan siswi SDN Ujung Jaya 1 menyambut antusias kegiatan ini. Hal ini terungkap dari kesan yang mereka tulis di selembar kertas usai pembacaan cerita di kelas. Mereka mengaku bahagia kedatangan relawan dari Universitas Indonesia. Bahkan, beberapa murid, mengutarakan harapannya agar dapat berkuliah di Universitas Indonesia kelak. 

Pelaksanaan program yang dipimpin Wiwin Triwinarti dari Program Studi Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, didampingi  dosen Gina Najjah, ini berupa pembacaan buku cerita, tim juga menyerahkan suvenir berupa tas sekolah, rak buku, dan buku-buku untuk siswa serta sekolah. Kegiatan diakhiri dengan pertemuan antara tim relawan pengabdi dan dewan guru SDN Ujung Jaya 1 yang dikepalai Yanto Suryanto. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement