Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Pertumbuhan Ekonomi Terjaga di Tengah Ketidakpastian Global

Jumat 23 Aug 2019 14:34 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolanda

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam acara Capital Market Summit & Expo 2019, Jumat (23/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam acara Capital Market Summit & Expo 2019, Jumat (23/8).

Foto: Republika/Retno Wulandhari
Pertumbuhan ekonomi yang baik ini tercermin dari inflasi yang rendah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga di tengah ketidakpastian global. Tidak hanya bertumbuh, tapi dari sisi kualitas juga dinilai cukup baik. 

"Sejak awal tahun lalu ekonomi dunia memang mengalami sejumlah ketidakpastian, walaupun begitu pertumbuhan masih berlangsung," kata Darmin dalam acara Capital Market Summit & Expo 2019, Jumat (23/8).

Baca Juga

Menurut Darmin, pertumbuhan ekonomi yang baik ini tercermin dari inflasi yang rendah dan turunnya tingkat pengangguran dan kemiskinan. Tidak hanya itu, rasio gini sebagai indikator terhadap distribusi pendapatan juga membaik. 

Darmin mengatakan, langkah meraih pencapaian tersebut tidaklah mudah apalagi diikuti dengan penurunan rasio gini. Tren rasio gini Indonesia saat ini jauh lebih baik dibandingkan 2015 dan 2016 lalu yang mengalami tren kenaikan. 

Darmin menjelaskan, tidak semua negara bisa menjaga pertumbuhan ekonomi dengan baik seperti di Indonesia. "Hanya ada beberapa negara di dunia yang bisa menciptakan pertumbuhan diiringi dengan stabilitas harga dan penurunan rasio gini secara terus menurus," terang Darmin. 

Selain itu, ekonomi Indonesia yang baik juga tercermin dari kondisi kredit yang dinilai terus membaik dan bertumbuh. Menurut Darmin, sovereign credit Indonesia memperoleh peringkat BBB dengan outlook stabil. Ini akan membuat kepercayaan investor tumbuh terhadap Indonesia. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA