Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Kajian Wilayah Amerika SKSG UI Raih Akreditasi A BAN-PT

Jumat 23 Aug 2019 11:42 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Asesmen Lapangan atau visitasi oleh dua asesor dari BAN-PT di KWA SKSG Universitas Indonesia, Jumat (16/8).

Asesmen Lapangan atau visitasi oleh dua asesor dari BAN-PT di KWA SKSG Universitas Indonesia, Jumat (16/8).

Nilai A ditunjang dengan adanya fasilitas yang lengkap di lingkungan SKSG.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Program Studi (Prodi) Kajian Wilayah Amerika (KWA) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prodi KWA berhasil mempertahankan nilai A yang sebelumnya diperoleh.

"Sebelumnya, nilai A diperoleh hanya dengan Asesmen Kelengkapan atau dokumen. Saat ini, nilai A diperoleh, baik dari Asesmen Kelengkapan maupun Asesmen Lapangan atau visitasi oleh asesor," kata Ketua Program Studi KWA Universitas Indonesia, Bayu Kristianto, PhD, Jumat (23/8). 

Asesmen Lapangan atau visitasi telah dilakukan pada Jumat (16/8) oleh dua asesor dari BAN-PT, yaitu Prof Hafied Cangara dari Universitas Hasanuddin, dan Dr Nunung Nurwati dari Universitas Pajajaran. Hasil akreditasi yang sangat memuaskan itu merupakan hasil kerja keras dari semua pihak di SKSG, yang meliputi staf prodi dan staf pengelola Sekolah," kata Bayu.  

photo

Sertifikat Akreditasi A Prodi KWA UI dari BAN-PT

Bayu menambahkan, seluruh anggota tim telah bekerja keras dalam satu tahun terakhir dalam mempersiapkan borang akreditasi. "Ini sungguh layak diapresiasi. Prodi KWA berterima kasih setinggi-tingginya atas segenap dukungan yang diberikan dan berharap nilai A ini akan terus bisa dipertahankan seiring dengan meningkatnya performa prodi di berbagai bidang," katanya. 

Menurut Bayu, Prodi KWA mampu meraih nilai A karena ditunjang dengan adanya fasilitas yang lengkap di lingkungan Sekolah Kajian Stratejik dan Global yang menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. "Kualitas tinggi pengajar prodi dan sekolah juga salah satu faktor penentu yang penting. Luaran yang dihasilkan dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat juga merupakan poin-poin menonjol," ujarnya. 

Di samping itu, lanjut Bayu Prodi KWA dan SKSG memiliki visi misi yang jelas dan berkelanjutan, sehingga kemajuan Prodi KWA selalu bisa dijamin. "Kurikulum Prodi KWA juga bersifat komprehensif dan senantiasa disesuaikan dangan tren-tren terkini Amerika, Indonesia, dan dunia global," kata Bayu. 

Dengan nilai yang memuaskan ini, Bayu berharap, Prodi KWA mampu menarik minat calon mahasiswa dan staf pengajar baru. Selain itu, Prodi KWA diharapkan mampu mempertahankan nilai A pada asesmen berikutnya dan tetap menjadi acuan bagi studi Amerika di Indonesia.

Mahasiswi Prodi Kajian Wilayah Amerika SKSG UI, Sarah Khansa Agharid mengaku bersyukur Prodi KWA meraih Akreditasi A lagi. "Dengan begini kan reputasi dan nama prodi tetep baik," kata Khansa.

Khansa berharap Prodi KWA semakin baik lagi dan peminatnya makin banyak. Selain itu, lanjut Khansa, mahasiswa dan dosennya juga semakin banyak yang berprestasi. "Semoga dengan adanya Prodi KWA ini memberi banyak manfaat terhadap pengetahuan tentang Amerika terutama hubungannya dengan Indonesia dan memberikan pendapat yang kritis, serta membangun untuk hubungan keduanya," kata Khansa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA